Agar Bisnis UKM Anda lancar

Agar Bisnis UKM Anda lancar - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Agar Bisnis UKM Anda lancar , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Agar Bisnis UKM Anda lancar
link : Agar Bisnis UKM Anda lancar

Baca juga


Agar Bisnis UKM Anda lancar

URUS PERIZINAN/PENDAFTARAN UKM

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menjelaskan pemberian izin usaha UKM gratis. Para pelaku UKM hanya perlu mengurus izin gangguan (HO) dan izin mendirikan bangunan (IMB). Selain kedua izin tersebut, Anda harus mempersiapkan pembuatan Perizinan Usaha yang harus dilengkapi, mencakup Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Industri (IUI), dan Tanda Daftar Industri (TDI). Semua perizinan dilakukan ke Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (DISKOPERINDAG).
Di beberapa daerah seperti Bandung, pelaku UKM bisa mendaftarkan usahanya melalui aplikasi Gampil melalui Android. Setiap UKM yang mendaftarkan usahanya terlebih dahulu akan diverifikasi oleh pihak kecamatan setempat, lalu BPPT melakukan pendataan akhir. Tanda Daftar Usaha Mikro dan Tanda Daftar Usaha Kecil tidak dipungut biaya apapun. Pelaku usaha hanya wajib melampirkan scan KTP, scan KK, foto lokasi usaha, dan ijin RT dan RW tempat usaha.



SIAPKAN STRATEGI MARKETING YANG TEPAT
Anda bisa tanamkan pendekatan A.T.O.M. yakni Audience (konsumen), Timing (waktu), Offer (penawaran), dan Message (pesan). Pertama, Anda harus mengenal terlebih dahulu konsumen yang ingin dituju. Mulai dari usia hingga kebiasaan berbelanja. Setelah mengenal, Anda bisa menentukan jenis penjualan, pemasaran, dan sistem komunikasi yang efektif.
Kedua, Anda harus memperhatikan waktu yang tepat saat melakukan kegiatan promosi produk/jasa. Ketiga, buatlah bentuk penawaran yang menarik agar konsumen bisa mengenal, terbangun rasa penasarannya, hingga melakukan pembelian. Terakhir, pilih penyampaian pesan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan bedakan dengan apa yang diberikan kompetitor.


BRANDING YANG KUAT
Biarpun jenis bisnis Anda berskala UKM, Anda tetap harus melakukan strategi branding agar jumlah konsumen meningkat. Hal penting yang harus diperhatikan pelaku UKM dalam membentuk brand adalah bukan hanya menjelaskan apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan, tetapi juga jelaskan mengapa Anda menciptakan brand tersebut. Selain itu, berikan tampilan produk dan pengemasan yang menarik.


PASANG IKLAN SECARA EFEKTIF
Iklan adalah strategi pemasaran produk/jasa untuk meraih hati para konsumen agar melakukan pembelian. Pasang iklan di media online bisa menjadi pilihan yang tepat. Ini dikarenakan jangkauan pasar yang lebih luas dan biayanya yang murah dibandingkan dengan pasang iklan di media cetak/TV..



Demikianlah Artikel Agar Bisnis UKM Anda lancar

Sekianlah artikel Agar Bisnis UKM Anda lancar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Agar Bisnis UKM Anda lancar dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/08/agar-bisnis-ukm-anda-lancar.html