Efektif Kelola Arus Kas

Efektif Kelola Arus Kas - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Efektif Kelola Arus Kas , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Efektif Kelola Arus Kas
link : Efektif Kelola Arus Kas

Baca juga


Efektif Kelola Arus Kas

Hasil gambar untuk arus kas
Bagi banyak usaha kecil dan menengah, arus kas menjadi salah satu perangkat yang harus diperhatikan. Mengapa? Arus kas seperti darah dalam kehidupan bisnis. Tanpa arus kas yang positif sebuah usaha atau bisnis mungkin akan stagnan dan akhirnya gagal.  Melalui arus kas, seorang pemilik bisnis dapat dengan mudah mengenali saldo kas positif dalam bisnisnya. Keputusan mengenai investasi baru dalam pengembangan bisnis, pemasaran, staf. pabrik, mesin, sistem, dan lain sebagainya, dapat lebih mudah diambil. Penilaian investasi juga bisa dilakukan dengan perkiraan yang tepat.

Sebab, jika kas selalu tersedia untuk bisnis, investasi akan mudah ditindaklanjuti. Namun, hingga saat ini manajemen kas masih menjadi masalah utama bagi banyak bisnis. Aspek kunci untuk mengontrol proses manajemen kas adalah piutang pelanggan (debitur) untuk transaksi penjualan kredit dan hutang tunai kepada pemasok (kreditur) untuk pembelian. Dalam banyak kasus, pemasukan tunai pen jualan dan kas hutang pembelian adalah nomor yang diperhitungkan dalam arus kas usaha. Kenyataan ini akan diakui oleh pemilik bisnis.

Namun, mengambil tindakan untuk memastikan sistem dan prosedur yang tepat untuk mengelola dua gerakan kas ini penting untuk diketahui. Untuk bisnis kecil, manajemen kredit bisa menjadi kegiatan paruh waktu atau sama sekali tidak dijadikan formalitas. Debitur yang oportunis, menyadari bahwa pemasok tidak memiliki sistem pengendalian kredit atau satu hal ketat yang diberlakukan akan merebut kesempatan untuk menunda penyelesaian  pembayaran utangnya. Ini adalah praktek umum dan dalam   banyak hal direstui oleh bisnis penjualan, karena umumnya tindakan debitur menjadi ‘kebiasaan dan praktik‘ dan kedua pihak menerima pembayaran selalu akan terlambat.

MENGAPA PEMILIK USAHA MENERIMA HAL ITU?

Kebutuhan untuk memiliki arus kas yang masuk tidak diremehkan oleh pemilik bisnis. Namun, ketepatan waktu untuk masuknya arus kas tersebut akan terlalu sering dikompromikan karena persiapan yang tidak memadai dalam mengumpulkan utang atau karena takut mengecewakan pelanggan dan kehilangan pelanggan potensial melalui tekanan debitur untuk membayar tepat waktu. Penundaan dalam jaminan pembayaran tepat waktu akan berdampak pada arus kas usaha, peningkatan modal kerja, peningkatan biaya melalui beban bunga yang lebih tinggi atau pengurangan bunga piutang dalam usaha agar saldo kas terus positif. Seringnya, pengabaian keterlambatan pembayaran akan mengikis keuntungan dan berpotensi membahayakan investasi masa depan dalam bisnis.     Ketika peningkatan biaya terjadi lebih serius, pengurangan arus kas masuk yang tepat waktu berisiko terhadap kemampuan usaha umuk membayar kreditur sesuai dengan kesepakatan kontrak.

Jika para kreditur sebuah usaha juga lemah dalam manajemen kredit mereka, kemungkinan yang akan terjadi adalah kemudahan penundaan penyelesaian sampai saat debitur penunggak kas telah diterima. Sayangnya sering ditemukan bahwa tidak semua kreditur siap untuk menerima keterlambatan. Perintah pengiriman baru akan ditunda sampai penyelesaian dibuat; batas kredit dapat dikurangi atau bahkan ditarik. Dalam keadaan seperti ini, pemilik bisnis harus mencari dana dari beberapa sumber lain untuk ’menjembatani' perpanjangan waktu antara pembayaran tunai kepada kreditur dan penerimaan kas akhir dari debitur. Untuk satu situasi mungkin masih bisa dikelola, namun jika terus—menerus dan terjadi pengulangan, bisnis Anda mungkin akan mengalami ancaman spiral ke bawah.

Sebagai sebuah bisnis yang tumbuh dari sejumlah uang tunai, kesenjangan antara hutang dan piutang menuntut Anda untuk membuat jembatan yang lebih panjang. Kebanyakan pemilik bisnis menyatakan bahwa kas adalah raja. Namun, pengakuan ini tidak selalu jelas. Dampak lain yang merugikan sebuah bisnis yang berada dalam lingkungan yang tidak terkontrol dalam arus kas adalah meningkatnya waktu yang dihabiskan oleh pemilik bisnis untuk bekerja pada kegiatan pengelolaan kas - yang biasanya mengejar uang jatuh tempo dan mengamankan kreditur. Waktu yang mungkin harus dicurahkan untuk bekerja menghasilkan pertumbuhan usaha untuk mengamankan masa depan.



Demikianlah Artikel Efektif Kelola Arus Kas

Sekianlah artikel Efektif Kelola Arus Kas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Efektif Kelola Arus Kas dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2017/01/efektif-kelola-arus-kas.html