3 Pelajaran Berharga dari Penyu untuk Startupers

3 Pelajaran Berharga dari Penyu untuk Startupers - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Pelajaran Berharga dari Penyu untuk Startupers , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis , Artikel inspirasi , Artikel Keuangan , Artikel Motivasi , Artikel pemasaran , Artikel startup , Artikel strategi , Artikel sukses , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Pelajaran Berharga dari Penyu untuk Startupers
link : 3 Pelajaran Berharga dari Penyu untuk Startupers

Baca juga


3 Pelajaran Berharga dari Penyu untuk Startupers

Penyu, salah satu spesies yang unik di dalam menjaga proses regenerasinya. Setelah dewasa, seekor penyu betina akan berjalan menuju pantai, mencari tempat sepi untuk bertelur. Sekali bertelur, bisa ratusan telur dihasilkan. Ia mengubur telur-telurnya di pasir yang tenang, aman, jauh dari cahaya, predator, dan manusia. Beberapa minggu setelah menetas, penyu kecil lucu mulai keluar dari pasir dan berjalan menuju ke laut. Tidak banyak yang berhasil sampai ke tujuan. Beberapa kali terdorong ombak dan terbawa kembali ke pantai. Ada yang mati dimangsa perdator, diburu manusia, atau mati karena tidak berdaya tahan tubuh. Mereka yang berhasil sampai ke dalam laut akan menjalani proses percepatan pertumbuhan, mencari makan hingga dewasa, kawin, dan kembali lagi bertelur untuk meneruskan generasinya. (Lihat video)

Sebuah siklus hidup yang sederhana. Saya mencoba memaknai dan merenungkan kembali bagaimana penyu kecil ternyata mengajarkan hal-hal besar bagi kita, khususnya startupers. 

1. Sabat untuk menelurkan ide
Penyu betina keluar dari laut dan menuju daratan. Kemudian mencari tempat yang tenang dan aman untuk bertelur. Ide adalah pemicu utama sebuah bisnis. Seperti kata Blank, ide hanya ada di luar gedung kantor Anda! Berlibur ke luar kota, luar pulau, atau luar negeri perlu dilakukan untuk menyegarkan pikiran dan mencari ide baru. Anda pebisnis, alokasikan biaya perjalanan sebagai investasi, bukan biaya apalagi pemborosan dapur, selama perjalanan Anda memang berupaya mencari ide (pengembangan) bisnis Anda.

2. Menerjang ombak pertama
Setelah telur menetas, anak penyu akan berjuang keluar dari pasir dan bergerak ke laut menghadapi tantangan untuk sekadar bertahan hidup. Memang benar bahwa ide itu penting, namun akan segera menjadi tidak penting jika tidak ada realisasinya. Langkah kedua inovator ide adalah bagaimana membuat ide menjadi nyata. Tentunya tidak mudah. Sudah ada tools seperti VPD, Compromised Value, atau Lean Canvas, namun praktiknya tidak mudah. Semangat juang, ketekunan, dan tidak mudah menyerah adalah bekal utama prosesi penerjangan ombak. Jika produk Anda sudah baik dan lolos validasi, yang Anda perlukan adalah bertekun untuk sampai ke tujuan (segmen Anda). Dukungan dengan bangunan model bisnis yang lincah (agile), lakukan pivoting dengan cepat dan tepat. Banyak startupers dengan produk bagus tidak berhasil hanya karena tidak cukup tekun menghadapi ombak penolakan dan kegagalan.

3. Bertahan di dalam laut
Setelah memasuki laut. Penyu akan mengalami percepatan pertumbuhan, bertahan hidup, mencari makan, dan kembali bereproduksi. Demikian pula sebuah bisnis baru yang telah berhasil menerjang ombak pertamanya akan dihadapkan dengan tantanangan yang lebih besar, predator lebih besar, tekanan air laut yang kerasm serta kemandirian bertahan. Pesaing yang ada, pesaing pendatang baru, perubahan gaya hidup dan teknologi akan menjadi faktor pengusik sekaligus penguji kekuatan bisnis Anda, faktor-faktor yang oleh Christensen disebut disruptive factors. Namun demikian, bisnis-bisnis yang berhasil bertahan di dalam arena demikian umumnya akan mengalami akselerasi dengan baik. Proses akselerasi yang perlu didukung oleh ide-ide inovatif pada pengembangan model bisnis, atau bahkan pencarian dan peneluran ide-ide diferensiasi atau diversifikasi baru.

Proses yang sederhana, namun mengajarkan kita semua tentang arti perjuangan. Bisnis tidak dibangun dalam hitungan bulan. Seorang kawan saya pebisnis suskes mengatakan, perlu menjalani 5 tahun pertama untuk melihat eksistensi bisnis kita dan eksistensi 5 tahun kedua untuk meyakini bisnis kita itu memang bisnis yang mendatangkan sukses. Di sini kesabaran dan ketekunan memang sangat diperlukan. Seperti penyu muda yang merangkak berjuang menuju laut. 

Terima kasih Tuhan buat penyu hebat yang Kau ciptakan. Semoga bermanfaat!


Demikianlah Artikel 3 Pelajaran Berharga dari Penyu untuk Startupers

Sekianlah artikel 3 Pelajaran Berharga dari Penyu untuk Startupers kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Pelajaran Berharga dari Penyu untuk Startupers dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/04/3-pelajaran-berharga-dari-penyu-untuk.html