ALASAN MENJADI PENGUSAHA

ALASAN MENJADI PENGUSAHA - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ALASAN MENJADI PENGUSAHA , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Motivasi , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ALASAN MENJADI PENGUSAHA
link : ALASAN MENJADI PENGUSAHA

Baca juga


ALASAN MENJADI PENGUSAHA

Image result for laris
Apa alasan orang memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha?
Bisa bermacam-macam
Secara garis besar alasan orang menjadi entrepreneur dapat dibagi menjadi dua : karena pilihan bebas atau karena situasi yang memaksa
Boleh saya dapat respon dulu, teman-teman termasuk yang mana? silahkan kirim ke telegram saya
Kita bahas satu per satu ya
1. PILIHAN BEBAS
Banyak pengusaha berasal dari keluarga yang mapan secara keuangan.
Mereka tidak harus menjadi wiraswasta untuk bisa hidup nyaman
Akan tetapi, karena mereka memiliki hasrat pribadi untuk membuktikan bisa menghasilkan nilai tambah atau layanan yang lebih baik di suatu pasar tertentu, maka mereka memulai usaha mandiri.
Mereka bisa digolongkan ke dalam kelompok sebagai berikut ini :
A. DENGAN RENCANA YANG MEMADAI
Termasuk dalam tipe pengusaha ini adalah mereka yang biasanya memiliki kesempatan untuk mengecap pendidikan tinggi, lulus dari universitas.
Meski banyak juga diantara mereka tidak pusing untuk menyelesaikan kuliah
Mereka menganggap materi kuliah terlalu akademis dan memakan waktu
Mereka juga tidak melihat kuliah itu memberikan dukungan yang mereka inginkan dalam usaha mereka menjalankan usaha.
Dengan pengetahuan yang mereka miliki, mereka bisa memulai suatu usaha dengan membuat perencanaan yang matang.
Mereka sudah memilki informasi yang cukup sejak hari pertama mereka membuka usaha.
B. DENGAN DUKUNGAN KEUANGAN YANG MEMADAI
Disamping itu, sngatlah mungkin mereka juga didukung segi keuangan yang mencukupi, entah dari keluarga ataupun lewat koneksi yang baik, sehingga bisa mendapatkan dukungan dana dari lembaga keuangan seperti bank dsb.
Membuka usaha dengan dukungan dana yang cukup tentu akan terasa lebih mudah.
Tantangan mereka adalah bagaimana meyakinkan orang tua, para bankir, dan koneksi untuk mau mendukung rintisan usaha mereka itu.
Di sini, mereka perlu menulis "Business Plan" secara mendetail' sehingga orang yang membaca bisa diyakinkan bahwa perusahaanyang kan dikerjakan tersebut layak diberi dukungan finansial, karena masa depannya cerah dan juga menghasilkan laba beserta aliran cash flow yang lancar.
Saya mau dapat respon, adakah dari 1514 member di kelas ini seperti yang di paparkan di atas?
kalau ada, KETIK : SAYA, kalau tidak KETIK ; SAYA TIDAK
Lanjut?
Baik saya lanjut ya
2. KETERPAKSAAN
Dalam banyak pengalaman, kita dapat melihat banyak pengusaha yang memulai usaha karena kepepet oleh situasi dan keadaan.
Sebut saja pengalaman di-PHK, yang memaksa seseorang untuk berpikir keras untuk tetap dapat bertahan menghidupi diri dan keluarganya.
Adakah di kelas ini yang memulai usaha karena di PHK?
Atau mungkin, misalnya seorang Ibu yang harus menjadi kepala keluarga, menghidupi anak-anaknya yang masih kecil, setelah suami dipanggil Allah SWT
Jika kita melihat fenomena yang umum terjadi, setelah lulus dari sekolah, entah itu perguruan tinggi atau sekolah menengah atas, anak-anak muda yang masih energik itu mencoba mencari pekerjaan.
Lihat saja betapa acara-acara job fair tidak pernah sepi dari pengunjung.
Jika kemudian diterima bekerja, entah sebagai pegawai pemerintah atau swasta, mereka kemudian mencoba menyesuaikan diri dengan dunia kerja.
Perlahan, selangkah demi selangkah, mereka berjuang menapaki karier yang disediakan di perusahaan tempat nya bekerja.
Bahkan dengan situasi yang saling mendukung, di beberapa perusahaan dapat kita jumpai banyak karyawannya yang baru keluar setelah merekan mencapai usia pensiun.
Akan tetapi, dalam perjalan karier Anda, bila Anda telah berkeluarga dan telah mempunyai anak, maka pengeluaran Anda akan melonjak secara drastis.
Padahal pemasukan Anda hanya berkembang secara garis lurus/linear.
Maka cepat atau lambat, pemasukan Anda tidak akan mencukupi untuk membiayai perkembangan kebutuhan keluarga Anda.
Kenyataannya, semua jenis pekerjaan memiliki harga pasaran.
Bila Anda tidak mendapat promosi atau memperoleh pekerjaan lain dengan bayaran yang lebih tinggi, maka pilihannya adalah, apakah Anda bekerja ekstra keras dengan kerja lembur atau Anda harus mengerjakan dua pekerjaan sekaligus untuk mencapai pemasukan yang lebih besar.
Sebagian orang memilih jalan lain. Mereka keluar dari pekerjaan mereka, berhenti menjadi karyawan, memberanikan diri untuk membuka usaha.
Saya butuh 20 respon untu melanjutkan ke materi yang lebih menarik lagi, lanjut?
Karena banyak sekali yang meminta lanjut, saya akan lanjutkan ke materi yang harus dipahami oleh siapapun yang ingin berhasil dalam membangun bisnis atau usaha yang sukses.
PRINSIP DASAR USAHA
Apapun motivasi mereka untuk memulai suatu usaha, untuk memulai, mereka harus memahami hukum usaha, yaiut, menaikkan NILAI TAMBAH dan pada wakt yang bersamaan MENURUNKAN BIAYA.
Ini bsia dicapai melalui :
Ini bisa dicapai melalui :
1. MEMBERI NILAI TAMBAH
Membuat "nilai tambah" dapat dilakukan dengan memperkenalkan barang atau jasa layanan yang baru.
Selain itu, "nilai tambah" juga bisa dicapai dengan membawakan barang atau jasa yang sebenarnya bukan barang baru tetapi dibutuhkan oleh pasar.
Untuk semua itu, jelas dibutuhkan inovasi.
Lihatlah bagaimana Apple berhasil merevolusi dunia rekaman musik dengan memperkenalkan iPod.
Steve jobs (alm) menggunakan konsep sound card komputer untuk membuat gadget yang menghilangkan sama sekali moving part sebagaimana Walkman maupun Discman Sony.
Nilai tambah juga dapat diaplikasikan dalam bidang pemasaran (marketing).
Katakanlah produk atau jasa yang Anda tawarkan hanya fokus untuk melayani celah pasar tertentu saja. Anda fokus pada satu segmen pasar sehingga mereka yang Anda layani benar-benar merasakan manfaatnya dan sudi membayar lebih mahal.
Nilai tambah ini perlu dipikirkan secara matang sebab dalam perkembangan dunia saat ini, suatu produk ataupun jasa dituntut harus mampu memenuhi ekspektasi dan kepuasan pelanggan, dan karenanya tidak hanya memenuhi secara fungsional saja.
2, MENURUNKAN BIAYA
Menurunkan biaya dengan kata lain adalah menyederhanakan proses yang sampai saat ini msih dilakukan.
Dengan menyederhanakan proses, biaya operasional dapat ditekan sekecil mungkin sehingga tercapailah efisiensi usaha.
Penyederhanaan proses dapat dilakukan dengan cara :
A. REDUCE PROCESS
Langkah-langkah produk perlu dijabarkan kembali dan dengan itu dapat terlihat mana yang perlu segera dikurangi.
Pengurangan salah satu langkah produksi bisa dilakukan dengan mengaplikasikan sistem otomatis-digital, sehingga dengan itu sekaligus dapat menghilangkan beban maintenance yang tidak dibutuhkan.
Lanjut?
B. CHANGE PROCESS
Menekan biaya dapat dilakukan dengan mengubah proses produksi yang rumit, berrbelit-belit serta memakan waktu lama, menjadi lebih praktis, cepat, dan mudah.
Ada banyak kemajuan teknologi yang menawrkan cara-cara baru yang lebih efektif dan efisien.
Sebut saja industri makanan yang menggunakan bumbu masak yang siap saji, termasuk bumbu penyedapnya, tanpa perlu meracik satu persatu dari awal.
Juga seperti penggunaan pressure cooker yang mampu mempercepat proses melunakkan daging dan tulang, dari yang sebelumnya memerlukan waktu semalaman kini bisa dipersingkat menjadi beberapa menit saja.
C. ELIMINATE PROCESS
Tidak hanya dikurangi, jika memang tidak dibutuhkan, prosesyang tidak efektif dan efisien harus dihilangkan.
Lanjut?
OK saya lanjut
Bnayak perusahaan menjadi besar karena mereka mampu dengan jeli memotong proses yang tadinya tumpang tindih, berulang-ulang dan memakan waktu lama.
Eliminasi proses ini sudahmenjadi suatu manajemen baku yang dinamakan supply chain management.
Salah satu keunggulan Toyota Way adalah process supply change management. Dengan itu, mereka mampu menjalankan proses "just in time". Ditambah dengan semangat kaizen, Toyotapun mampu menjadi unggulan dalam hal cost reduction di dunia manufaktur.
Keahlian Toyota dalam hal cost reduction juga banyak membantu Boeing untuk meningkatkan produksi pesawat terbangnya, sebelumnya dirakit berdasarkan konsep "bengkel" (belum dengan konsep produksi massal).
D. COMBINE PROCESS
Menggabungkan beberapa proses menjadi satu juga dapat membantu menurunkan biaya dan kemudian menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik.
Dalam proses penggabungan ini yang umum dilakukan misalnya konsep "one stop shopping", di mana pelanggan diberi kenyamanan untuk mendapatkan semua yang dibutuhkan hanya dalam satu langkah saja, tanpa perlu disibukkan dengan urusan ini dan itu.
Intinya, pelanggan "tinggal terima beres saja". Selain menghemat waktu dan biaya, konsep itu juga bisa menaikkan nilai tambah di mata pelanggan.

All, saya mengerti materi malam ini tidak terlalu mudah untuk dipahami, tetapi kalau kita mau jadi pengusaha besar kita harus mau bertumbuh dan keluar dari COMFORT ZONE atau zona nyaman kita untuk mau belajar.


Demikianlah Artikel ALASAN MENJADI PENGUSAHA

Sekianlah artikel ALASAN MENJADI PENGUSAHA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ALASAN MENJADI PENGUSAHA dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/05/alasan-menjadi-pengusaha.html