Judul : 10 langkah untuk meningkatkan brand Anda.
link : 10 langkah untuk meningkatkan brand Anda.
10 langkah untuk meningkatkan brand Anda.
1. Buatlah Desain Logo yang Sesuai dengan Bisnis Anda
Sebelum Anda membuat
brand untuk perusahaan, ada banyak hal yang Anda harus pertimbangkan, seperti
menyesuaikan tema brand yang ingin Anda buat dengan bisnis Anda. Misalnya
perusahaan Anda bergerak di bidang makanan, maka brand yang dibangun harus
mencerminkan produk serta image perusahaan yang meliputi layanan yang akan
diperoleh pelanggan. Tahap selanjutnya, Anda harus memperhatikan brand elements
yang digunakan, seperti nama, logo, grafik, bentuk, warna, suara, aroma dan
pergerakan.
Kini Anda telah memahami bahwa yang dimaksud dengan brand
bukanlah sekedar logo atau nama atau tagline saja, melainkan semua atribut,
termasuk kemasan, warna hingga perangkat pemasaran yang ikut menyatu dengan
persepsi brand di benak masyarakat.
Brand yang efektif menciptakan persepsi bahwa tidak ada
produk, layanan, organisasi atau komunitas lain yang menyerupai Anda, entah
perbedaannya pada manfaat, bentuk, kemudahan penggunaan, harga atau prestise,
yang pasti konsumen yakin bahwa Anda menawarkan sesuatu yang luar biasa. Untuk
itu, banyak faktor yang memegang peranan, dan dapat berwujud maupun tidak
berwujud, termasuk dekorasi kantor, pakaian personil, filsafat organisasi,
kualitas layanan, desain materi cetak ataupun nilai tambah layanan.
Intinya semua yang konsumen Anda sentuh, lihat atau
dengarlah akan membedakan Anda dari kompetisi.
2. Ciptakan Desain Logo Perusahaan Yang Baik
Bisnis Anda akan terlihat amat profesional di mata pelanggan
Anda dengan menggunakan desain logo yang berkualitas, unik, menarik serta mudah
diingat. Desain logo yang baik juga akan membuat bisnis Anda menonjol ditengah
kompetisi antar brand dengan jenis produk yang sama. Misalnya Starbucks, begitu
mendengar brand tersebut, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Kopi,
hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang
yang diciptakan Starbucks. Itulah branding Starbucks.
Selain itu desain logo yang terlihat profesional yang mudah
diingat bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang yang telah membeli produk Anda
atau memakai jasa layanan perusahaan Anda. Jika calon pelanggan Anda melihat
logo Anda untuk pertama kalinya dan mereka merasa tertarik serta percaya akan
kesan yang diberikan tentu hal ini dapat menarik pelanggan baru untuk Anda.
Jika desain logo Anda berhasil
menanamkan kepercayaan di benak mereka maka mereka akan memilih brand
Anda daripada brand lain dengan jenis produk yang sama. Maka desain logo yang
baik adalah salah satu bentuk investasi yang penting seperti yang dilakukan
perusahaan-perusahaan ini.
3. Pilih Alat Marketing yang Sesuai untuk
Meningkatkan Brand Anda di Mata Publik Dalam konten ini,
kita akan membahas 2 alat marketing yang umum digunakan oleh
perusahaan-perusahaan besar dalam meningkatkan brand mereka di mata publik.
Alat marketing yang pertama adalah branding melalui website. Saat ini memang hampir segala jenis
bisnis usaha baik skala besar maupun
kecil sudah memiliki website. Walaupun
skala usaha Anda kecil namun branding
melalui sebuah website menjadi penting
karena website adalah marketing tool yang memang diperlukan untuk meningkatkan kredibilitas
usaha Anda.
Dengan website, bisnis yang Anda jalankan dapat dikenal ditengah target market. Website saat ini sudah menjadi pintu gerbang masyarakat untuk
mengenal bisnis Anda, mengenali produk Anda dan tentunya akhirnya berujung pada keputusan pembelian.
Kebanyakan orang berpikir bahwa hal utama yang penting pada website branding adalah
dengan penggunaan logo dan permainan
warna. Memang hal ini amatlah
penting dalam pembentukan citra
sebuah brand, namun tentunya bukan hanya
hal tersebut yang dianggap penting.
Hal-hal lain yang harus ditonjolkan di website Anda adalah konten/isi dari
website Anda sendiri, apakah isi dari website Anda sudah mencakup semua perihal bisnis yang Anda jalankan?
Marketing tool yang kedua adalah menggunakan mobil branding. Mobil branding atau yang biasa
disebut vehicle branding atau branding
pada kendaraan seperti halnya mobil, bus
atau truk merupakan salah satu strategi
marketing dengan target market tertentu. Tujuan
utama dari strategi marketing ini adalah untuk membuat pelanggan tertarik dan pada akhirnya membeli
produk atau memakai jasa layanan Anda. Sama seperti kegiatan branding lainnya,
tentu desain mobil branding harus menarik agar bisa menarik perhatian masyarakat menggingat setiap hari target market Anda
dibombardir dengan banyak iklan.
Hal yang harus diperhatikan jika Anda memutuskan untuk memakai strategi vehicle branding maka
desain branding harus stand out from the
crowd yang berarti memiliki desain yang
baik dan sangat mengundang perhatian.
4. Berinteraksi melalui Sosial Media
Tidak dapat dipungkiri, sosial media serperti Facebook,
Twitter, LinkedIn dan Google+ dapat meningkatkan kualitas kehidupan, khususnya bagi kalangan
pebisnis yang menginginkan perkembangan pada bisnisnya dan melakukan komunikasi
dua arah dengan cepat.
Penggunaan sosial media dapat digunakan sebagai ujung tombak
pergerakan kegiatan komunikasi dan pemasaran bisnis yang kini sudah menjadi
sebuah kewajiban. Banyak keuntungan yang dapat Anda raih dengan meningkatkan
brand awareness bisnis Anda di sosial media. Keuntungannya melingkupi top of
mind, brand recall dan brand recognition. Dengan menggunakan media sosial yang
sudah tersedia, interaksi Anda dengan publik bisa tercipta dengan baik.
Selain menjalin hubungan yang baik dengan publik, sosial
media juga bisa dapat digunakan untuk memberikan informasi terbaru untuk bisnis
Anda. Dengan adanya fasilitas interaksi
langsung dengan publik, akan mudah bagi
Anda untuk mempromosikan acara-acara
yang sedang berlangsung. Mulai dari promosi produk baru, diskon maupun hal-hal
yang lainnya.
5. Menggunakan Partnership untuk Membangun Brand Awareness
Berkerja sama dengan partner influencer dapat meningkatkan
brand awareness Anda. Partner yangmempunyai network yang sangat kuat biasanya
mempunyai banyak pelanggan yang loyal.
Dengan menjalin hubungan yang baik
dengan partner Anda, Anda dapat bertukar pelanggan/subscriber sehingga dapat
menjadi win-win solution bagi kedua belah pihak.Selain itu, partner Anda juga
bisa menjadi media untuk mempublish konten Anda sehingga dapat dkepada para
subscribernya. Partner juga bisa meningkatkan nilai jual event yang bisnis Anda
selenggarakan. Pastikan Anda memilih untuk berkerja sama dengan partner yang
sesuai dengan target market bisnis Anda.
6. Gunakan Blog untuk Meningkatkan Branding
Bisnis AndaBlog merupakan alat yang sangat fungsional.
Hampir semua orang yang menggunakan internet memiliki blogdengan tujuan dan
kepentingan yang berbeda-beda. Ada yang cuma ingin berbagi opini, sharing foto,
hingga mencari uang lewat blog.Dengan menciptakan sebuah blog dimana bisnis
Anda bisa memberikan informasi tambahan dan tidak hanya terbatas dengan apa
yang bisnis Anda lakukan, tetapi Anda bisa memberikan tips-tips yang berguna
untuk para subscriber Anda. Dengan adanya blog, Anda dapat menyediakan
konten-konten yang menarik untuk subscriber Anda, sehingga akan meningkatkan
brand awareness bisnis Anda. Bahkan, melalui blog, Anda juga dapat mendapatkan
kesempatan bertambahnya pelanggan karena adanya subscriber yang menjadi
pelanggan.Seperti halnya sribu.com membuat suatu blog dimana kontennya berisi
tentang informasi yang berkaitan dengan desain dan bisnis online.
7. Ciptakan Pesan yang Membuat Orang Ingin
MenyebarkannyaWalaupun pesan marketing ditujukan untuk
tujuan komersial namun tentunya tak cukup memberikan fansAnda pesan yang murni
pesan marketing. Pesan marketing yang menarik akan membuat fansmenyebarkan dan
menciptakan konten mereka sendiri.
Tentu hal ini ada resikonya apalagi jika pesan
marketingtersebut berupa parodi. Namun itu semua merupakan elemen daripada
sebuah kampanye marketing.
Warby Parker eyewear yang merupakan brandkacamata
mendapatkan sekitar 1000 foto dari fansmereka menggunakan kacamata brand mereka
dan mempostingnya di Facebook Page. Hal seperti ini memiliki efek yang besar
dan mampu mencapai sasaran lebih dari yang diperkirakan.
8. Berikan Fans Kesempatan untuk Berpartisipasi
Fans suka menjadi bagian dari sebuah event pada brand yang ia
sukai. Event seperti melemparkan pertanyaan melalui Facebook Page bisnis Anda
tentunya juga akan menarik perhatian fans untuk menjawabnya segera. Apalagi
mengajak mereka untuk mengklik tombol
like di post Facebook Page bisnis Anda untuk memenangkan hadiah dari brand
Anda. Tentunya hal tersebut akan sangat menarik perhatian target market Anda.
Brand Oreo menggunakan Facebook Fanpage untuk meraih brand
awareness dengan mengajak fansnya untuk memecahkan rekor dunia Guiness Book melalui menekan
tombol like pada setiap postnya sehingga mereka meraih jumlah like yang sangat
banyak pada postnya. Walaupun mereka memegang rekor tersebut hanya sebentar
namun brand Oreo berhasil untuk meningkatkan brand awareness, sehingga membuat
brand mereka dibicarakan banyak orang dan membuat fans mereka menyebarkan pesan
tersebut ke seluruh dunia.
9. Hargai Superfans Anda
Menjadi fans dari sebuah brand sangatlah mudah, namun yang
harus Anda hargai dan perhatikan dengan seksama adalah superfans anda.
Superfans merupakan kelompok orang yang setia menyebarkan dan mempromosikan
brand favorit mereka dan menciptakan free marketing yang tiada batas. Berikan
reward untuk mereka berupa hadiah complimentary yang tidak harus mahal namun
memiliki makna tersendiri.
10. Be Consistent!
Bersikaplah konsisten dalam menggunakan berbagai
perlengkapan desain untuk bisnis Anda. Selama Anda menggunakan logo/desain yang
konsisten, hal itu bisa menambah brand awareness terhadap produk Anda.
Perubahan pada desain logo/brand bisnis Anda dapat mempengaruhi brand Anda di
mata publik. Meskipun banyak perusahaan-perusahaan besar yang merubah logo
mereka, tetapi konsep yang mereka ubah hanya minimalis, seperti logo bisnis
makanan Wendy's, mereka hanya mengubah konsepnya sedikit dan tidak begitu
berbeda dengan logo lamanya. Ada juga contoh perusahaan yang dari berdiri
hingga sekarang tidak merubah logonya sama sekali, perushaan tersebut adalah
McDonald, dimana konsep desain logonya konsisten berlambang "M".
Contoh lain yang cukup mencolok adalah perbandingan antara logo Pepsi dan Coca
Cola.
Dengan konsistensi penggunaan logo, brand yang Anda buat
akan menjadi semakin familiar dan memiliki persepsi tetap bagi publik, sehingga logo bisnis Anda akan mencerminkan
sesuatu yang unik untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain. Jadi
pastikan Anda berinvestasi dengan membuat logo yang tepat dan dapat digunakan
dalam jangka waktu yang lama bagi usaha Anda.
Tentang Penulis
Ryan Gondokusumo
Demikianlah Artikel 10 langkah untuk meningkatkan brand Anda.
Sekianlah artikel
10 langkah untuk meningkatkan brand Anda.
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 10 langkah untuk meningkatkan brand Anda. dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/06/10-langkah-untuk-meningkatkan-brand-anda.html