1/ Malem.. Saya mau sharing tentang sedikit insight yang saya dapat dari 1 orang guru saya yang paling mengajari mindset dalam beriklan (Om EKA).
2/ Dalam beriklan, kita lihat bertaburan banyaknya hal yang harus diperhatikan. Ada copywriting, gambar, budget, matriks-matriks dsb yang astaghfirullah banyaknya..
3/ Suatu waktu saya sempat bertanya hal yang jadi judul sharing ini. Apa yang paling paling paling krusial dari semuanya itu, yang itu nggak boleh salah
4/ Jawaban om Eka : Ad Image
5/ Jawaban ini lahir bukan dari teori-teori, tapi dari praktek beribu-ribu kali memasang iklan di FB
6/ Gambar itu, krusial banget dan nggak boleh asal-asalan. Bahkan FB sendiri akhir-akhir ini kalau perhatikan iklannya di timeline kita, mereka bilang: buatlah karya yang mampu menghentikan ibu jari dan menggerakkan hati
7/ Bahasa simpelnya, image lu mesti menarik, bagus, jelas
8/ Nah kalau kita praktekkan ke toko online, gimana? Kalo toko online, 90% image = produk yang dijual. Split image hampir pasti = split produk
9/ Teknik iklan yang biasa-biasa aja, dengan pemahaman konsep yang utuh mengenai objective nya, bisa menghasilkan hasil yang Subhanallah
10/ Barusan sahabat saya cerita, dengan teknik biasa saja, iklan dengan budget 300rb bisa menghasilkan 3 juta dalam 1 hari
11/ Saya konfirmasi, tekniknya biasa aja. Sudah ribuan kali pasti Anda dapat dari siapapun yang mengajari FB ads.
12/ Jadi kalau iklan Anda masih belum maksimal BISA JADI 60% itu disebabkan produk Anda memang terlalu umum, general, tidak menarik, biasa saja, kurang manfaat, nggak WOW
13/ Makanya kalau main toko online, apalagi internasional, saya selalu bilang: 90% keberhasilan ada di riset. Nggak apa-apa riset produk 2 minggu sampai 1 bulan kalau memang bisa memberikan hasil MILIARAN
14/ Sama juga di lokal, riset yang sungguh-sungguh produknya. Dipelajari persaingannya, dipelajari manfaatnya, bahkan kalau perlu dibeli dulu sendiri barangnya untuk tahu kualitas, lebih dan kurangnya dimana
15/ Ada juga sahabat saya bahkan cuma bisa pakai PPE doang, nggak ngerti apa itu CTR, Reach, dsb sehari bisa dapat 2 juta bersih cuma dari toko online nya
16/ Dia aja kaget kok bisa gitu. Saya pelajarin, kelebihannya dia : MENGUASAI PRODUKNYA dan ada instingnya meraba pasar
17/ Nah sekian gitu aja, semoga bisa menimbulkan gairah baru buat temen-temen yang sudah memilih FB sebagai tools untuk mencapai tujuan-tujuan hidupnya