Kunci Sukses Membuka Bisnis Wirausaha

Kunci Sukses Membuka Bisnis Wirausaha - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kunci Sukses Membuka Bisnis Wirausaha , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Wirausaha , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kunci Sukses Membuka Bisnis Wirausaha
link : Kunci Sukses Membuka Bisnis Wirausaha

Baca juga


Kunci Sukses Membuka Bisnis Wirausaha

Menjadi seseorang yang memiliki penghasilan besar memerlukan pengelolaan yang dimulai dengan manajemen diri. Berwirausaha (baca: pengertian wirausaha) berpeluang besar meraup kekayaan asal benar memilih kunci sasaran yang akan dicapainya. Banyak terjadi orang memilih jalan wirausaha malah memperoleh kebangkrutan. Apa yang terjadi? Mari kita bicarakan lebih lanjut, barangkali dapat menjadi ilmu pembuka kunci sukses membuka bisnis yang berhasil sukses.

Awal untuk meraih kesuksesan harus dengan cara mengubah pola fikir kita, mensugesti bahwa tidak ada hal yang tidak akan dapat kita lakukan selama berusaha dengan maksimal. Bila dalam otak fikiran kita terbesit kata "tidak bisa" maka akan sulit melakukannya.

Orang seringkali terjebak tidak mau ber-wirausaha karena faktor modal dana yang terbatas. Padahal modal paling penting dalam berbisnis bukan itu, tetapi justru diri kitalah yang lebih penting dari semuanya itu. Fikiran kita adalah modal utama, modal uang dapat dicari dengan cara lain. Banyak para pengusaha sukses, mereka berhasil dengan menggunakan dana orang lain yang dikelolanya dengan baik.

Sebagai manusia memang kita semua memiliki kekuatan dan kelemahan. Tidak ada manusia yang sempurna tanpa memiliki kelemahan, dan juga tidak ada manusia yang serba kekurangan, tidak memiliki kelebihan sama sekali. Menguasai siapa diri kita dan mengetahui apa kelebihan dan juga kelemahan kita adalah manajemen diri menggapai kunci sukses bisnis berwirausaha.

Ketika kita menyadari satu kelemahan pada diri kita, jangan pernah tersandera dengan kelemahan-kelemahan diri. Bila fikiran kita selalu berpusat pada kelemahan tersebut, maka akan semakin banyak pula kelemahan lain yang muncul pada diri kita, yang pada mulanya sebetulnya itu tidak ada. Ada cara lain, cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan kelemahannya tersebut, yaitu dengan cara menonjolkan kekuatan / kelebihan yang ada pada diri kita.

Diri kita ini harus memiliki kelebihan lain sebagai modal. Menurut kata sahabat, kelebihan kita yang bisa diasah antara lain, mempunyai teman yang banyak, sikap pantang menyerah, tidak mudah bosan, pintar memperbaiki sesuatu, terampil dalam segala hal, dan lain sebagainya. Hal ini dapat menjadi modal kita untuk membuka usaha bisnis, bukan hanya modal uang. Semua hal positif tersebut bisa jadi menjadi bahan dasar kita memulai rencana bisnis, tanpa harus selalu mengkhawatirkan kelemahan dan kekurangan kita.

Hasil gambar untuk kunci sukses wirausaha
Jadi, kita tidak perlu khawatir untuk memulai menjadi seorang pengusaha bisnis sukses, meskipun kita tidak memiliki modal uang, yakinlah bahwa kita memiliki modal lain yang lebih berarti dari pada sekedar modal uang. Yakinlah bahwa masih banyak usaha-usaha, bisnis-bisnis yang kita geluti yang tidak membutuhkan modal uang, tapi cukup dilakukan dengan modal kekuatan orang lain yang membantu kita.

Jadi, modal itu bukan berarti hanya uang, mari kita jadikan teman-teman kita sebagai modal. Keterampilan kita juga menjadi modal, bahkan barang yang sudah Anda miliki, seperti hp, blackberry, sepeda, motor, dan lain-lain bisa menjadi modal. Kita hanya mencari kekuatan untuk cara memulai bisnis atau usaha yang tepat, sesuai dengan kelebihan yang kita punya.

Selanjutnya, dalam membuka bisnis wirausaha kita perlu fokus pada hal-hal yang positif, bukan fokus pada yang negatif. Fokuslah pada kelebihan dan kekuatan yang kita miliki, bukan fokus pada kelemahan kita. Fokuslah pada apa yang kita  miliki, bukan fokus pada apa yang kita tidak miliki. Gunakanlah fokus itu dengan sebaik mungkin dan disertai dengan doa, usaha, dan berpikir positif, yakinlah bahwa kita akan mendapatkan semua yang kita harapkan, yang tentu saja dengan usaha dan doa.

Berikut adalah diantara kunci sukses bisnis wirausaha, yang telah dilakukan oleh para pengusaha dan berhasil mendapatkan apa yang mereka cita-citakan. Kunci sukses bisnis tersebut adalah :

1. Pelajari Pilihan Usaha dan Tentukan
Pelajari peluang bisnis yang ada di sekitar kita atau yang mungkin bisa kita kerjakan. Di tahap awal, kita cukup mempelajari saja bermacam peluang yang kira-kira bisa kita jalani. Setelah dibanding-banding, barulah tentukan peluang mana yang akan kita kejar. Mempelajari medan usaha terlebih dahulu, ada baiknya memilih bisnis di bidang yang kita sukai karena setidaknya kita mempelajarinya tidak dari tahapan paling dasar.

2. Pelajari Ilmunya dan Fokus
Jangan terlalu terburu-buru, dan tidak langsung hantam. Kita perlu menambah pengetahuan yang cukup mengenai bidang yang dipilih. Pelajari seluruh seluk beluk bidang tersebut. Ketahui apa saja yang kiranya dapat membuat usaha kita berhasil dan hal apa yang sekiranya menghambat peluang ini.
Jika masih "awam" dengan bisnis tersebut, pelajari juga dasar-dasarnya. Tidak ada salahnya menerima saran dari ahli atau orang yang menggeluti bidang tersebut. Tapi, keputusan seluruhnya berada di tangan kita yang menentukan.

3. Berfikir dan Bekerja Kreatif
Ketika memilih berwirausaha, kita harus mampu berpikir kreatif, mencari inovasi-inovasi baru dalam bisnis. Di bidang usaha yang sama, tentu produk yang lebih kreatiflah yang akan dipilih oleh konsumen.

Ekonomi identik dengan hal-hal baru yang bisa tercipta siang dan malam. Bila para penghuni dunia wirausahawan tidak bisa membuat hal-hal baru bagi masyarakat, tergeruslah mereka dari dunia yang menuntut pembaharuan dan penyegaran ini.

4. Mampu, Berani dan Jujur
Dengan persiapan yang matang, pengetahuan yang cukup janganlah takut dan menjadi pengecut, sekarang tibalah saatnya kita berani untuk mengambil keputusan. Berani menjalani sebuah peluang. Berani mengambil risiko dan berani melakukan perubahan untuk diri.

Selain itu, kejujuran dan kepercayaan akan membuat pergerakan medan magnet dan jalur peradaban di dalam usaha berputar teratur dan terarah sehingga mampu bertahan selama bermilenium-milenium. Bisa dikatakan bahwa setiap orang yang ada di dunia wirausaha harus menjadi orang-orang yang suka membantu, jujur, dan dapat dipercaya.

5. Tekun dan Kerja Keras
Menggeluti bidang wirausaha dan kewirausahaan bukan berarti kita bisa bersantai ria, berleha-leha. Kita dalam bekerja harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kita harus siap bekerja tujuh hari dalam seminggu karena kesuksesan tidak mudah untuk raih.

6. Bertemanlah dengan Siapa Saja
Semakin banyak teman, makin besar kesempatan kita untuk meraih sukses. Seorang wirausaha harus berteman dengan siapa saja, bisa beradaptasi dengan semua golongan. Baik dengan pejabat, sesama wirausaha, tukang becak, atau siapa saja. Kalau memungkinkan bisa bahasa gaul untuk sahabat baru anda.

Percayalah, mereka akan ikut mempromosikan usaha kita. Mereka juga bisa memberi masukan untuk usaha kita. Konsumen hendaknya juga diposisikan sebagai teman karena konsumen juga bisa memberikan masukan dan kritikan mengenai produk atau jasa yang kita jual.

7. Jadikanlah Kegagalan sebagai Pelajaran
Kegagalan adalah risiko dalam wirausaha. Jika bertemu dengan kegagalan, jangan pernah mencari kambing hitam dari sebuah kegagalan. Jadikan kegagalan sebagai bahan pelajaran untuk memperbaiki usaha.

Kegagalan bisa saja mendatangi lingkungan berwirausaha kapan pun. Pengambilan keputusan yang penuh risiko sudah seperti bernapas. Oleh karena itulah, berwirausaha itu butuh orang-orang yang tekun dan kerja keras. Latihlah psikologi perkembangan anda sehingga mental menjadi kuat diterjang badai cobaan bisnis seberat apapun.

8. Doa
Ketika sudah menjalankan semua kunci sukses wirausaha di atas, jangan lupa berdoa, mengharap ridho dari-Nya. Karena dengan berdoa, maka jalan usaha kita akan dimudahkan oleh Tuhan Allah Swt. Berikut juga harus diperhatikan syarat diterimanya do'a.

Selain itu, di dalam berwirausaha perlu diperhatikan pula konsep bisnis pemasaran. Konsep bisnis pemasaran memiliki tujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan konsumen. Selain itu, konsep bisnis pemasaran berorientasi pada kebutuhan konsumen. Konsep pemasaran memang berbeda dengan konsep bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk dan penjualan. Konsep bisnis pemasaran terdiri atas tiga unsur, yaitu sebagai berikut.
  1. Berorientasi kepada konsumen. Dalam manajemen pemasaran, Anda harus melihat sasaran penjualan produk Anda itu seperti apa, sehingga Anda perlu mengenal konsumennya terlebih dahulu.
  2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara terperinci. Apabila Anda sudah menemukan konsumen atau sasaran pemasaran yang tepat, maka Anda tinggal menyusun strategi penjualan produk tersebut. Rincilah kegiatan pemasaran Anda secara terperinci.
  3. Kepuasan konsumen. Kepuasan itu ada jika barang yang dijual dianggap harga nya lebih murah dibandingkan yang lain, dengan kualitas yang lebih baik. Jika kegiatan penjualan Anda sudah berjalan, maka Anda perlu mengevaluasi manajemen pemasaran produk Anda, seperti kepuasan konsumen terhadap produk yang Anda jual. Jadi, Anda dapat mengetahui kekurangan produk tersebut, sehingga Anda dapat menyusun strategi agar produk Anda tetap laris dipasaran.
Pengetahuan tentang konsep bisnis pemasaran ini perlu diketahui oleh semua wirausahawan karena terkadang orang melakukan sebuah usaha, tapi tidak mengerti tentang cara berwirausaha. Hasilnya, usaha yang dijalankan kurang lancar, bahkan gulung tikar.

Bila kita memilih bisnis wirausaha, maka akan dapat dipastikan mendapatkan berbagai tantangan dan hambatan. Saat itu kita tidak boleh banyak diam di satu titik saja. Perlu belajar dan belajar, agar bisa bersaing dengan orang lain. Tetapi, persaingan itu bukannya untuk saling mengalahkan. Di dalam usaha saling menjatuhkan bukanlah usaha yang sesungguhnya. Dunia usaha yang baik adalah bersaing untuk menciptakan hal-hal yang semakin hari semakin baik demi membantu orang lain.




Demikianlah Artikel Kunci Sukses Membuka Bisnis Wirausaha

Sekianlah artikel Kunci Sukses Membuka Bisnis Wirausaha kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kunci Sukses Membuka Bisnis Wirausaha dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/09/kunci-sukses-membuka-bisnis-wirausaha.html