Persiapan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel

Persiapan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Persiapan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kerajinan , Artikel Prakarya Kewirausahaan , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Persiapan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel
link : Persiapan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel

Baca juga


Persiapan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel

Praktek kerajinan prakarya yang dapat dilakukan oleh guru bersama para peserta didik adalah membuat kerajinan sederhana dari bahan kain flanel. Hasil karya yang dapat dihasilkan dari bahan tersebut dapat berupa hiasan tas, bunga, bantal, dan lainnya yang tentunya sangat menarik dan bernilai seni dan estetis.
Melakukan praktikum kegiatan belajar prakarya membuat kerajinan dari kain flanel perlu persiapan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan dan mengumpulkan bahan utama dan bahan tambahan agar segera bisa berkreasi membuat kerajinan dari kain flanel.
Bahan-bahan kreasi kerajinan dari kain flanel akan dapat diperoleh dan didapatkan di toko kain, toko alat jahit atau toko aksesoris kerajinan. Berikut ini beberapa bahan kerajinan flanel yang perlu disiapkan.

Bahan-bahan Kerajinan Flanel
Kain Flanel
So pasti kita harus punya bahan utama yaitu kain flanel. Silahkan baca artikel sebelumnya : Apa sih kain flanel itu? Dimana membeli kain flanel? Berapa harga kain flanel? Warna apa aja yang dibeli?
Benang
Sesuai dengan jarum yang digunakan, kita membutuhkan benang jahit dan benang sulam. Benang jahit sangat mudah didapatkan di toko alat jahit dengan pilihan warna yang sangat banyak sekali. Benang sulam memiliki tekstur yang lebih lembut dengan ukurannya lebih besar dari benang jahit.
Dakron

Dakron merupakan kapas sintetis yang digunakan untuk mengisi bagian dalam boneka kerajinan flanel. Ada 2 bentuk dakron di pasaran yaitu dakron serabut kiloan dan dakron lembaran. Silahkan baca artikel cara memilih dakron untuk kerajinan kain flanel.

Manik-Manik / Mote
Manik-manik, payet, mote biasanya digunakan untuk hiasan tambahan tergantung dari jenis kerajian yang ingin dibuat. Misalnya mote bisa digunakan untuk mata boneka. Manik-manik dan mote mempunyai beraneka macam bentuk dan pilihan warna yang beragam.
Ada lagi bahan kerajinan flanel lainnya?

Selain bahan utama diatas, kita juga membutuhkan bahan flanel tambahan untuk membuat kerajinan kain flanel. Bahan tambahan ini tergantung dari jenis kerajinan apa yang ingin dibuat.
Melakukan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel seperti akan membuat kaos flanel berarti kita membutuhkan kaos katun berbagai ukuran untuk dewasa dan anak. Jika ingin membuat Sandal Flanel, maka kita membutuhkan berbagai ukuran dan warna sandal. Jadi sekali lagi pastikan dulu kreasi kerajinan flanel yang ingin dibuat, lalu beli bahan tambahannya.

Selanjutnya mari kita mengetahui 8 Panduan Dasar tentang Kerajinan dari Flanel

Ringkasan materi kerajinan prakarya dari kain flanel diharapkan memberikan pengetahuan lebih cepat memahami teori dasar tentang kerajinan dari flanel. Dan bagi yang sudah mengikuti dari materi pertama, pastinya sekarang akan semakin jelas. 8 Panduan Dasar Kerajinan dari Flanel ini sebenarnya saya ambil dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemula. Dari 8 poin ini, mari kita bahas dengan mengelompokkan materi menjadi 2 bagian: Teori Dasar Kerajinan Flanel, Alat dan  Bahan untuk membuat kerajinan flanel.

Teori Dasar Kerajinan dari Flanel
1. Apa Sih Kain Flanel Itu?
Ini adalah pertanyaan wajib yang paling pertama ditanyakan pemula. Wajar, semua orang akan menanyakan “kayak apa sih kain flanel itu?” Cara yang paling gampang adalah dengan memperlihatkan gambarnya dulu, lalu berikan kainnya, biar bisa dipegang dan dirasakan. Ooooo.. jadi ini tho yang namanya kain flanel.

2. Apa Aja Contoh Produk Kerajinan Kain Flanel?
Setelah mengetahui gambar dan bentuk kain flanel lalu pasti kepikiran, “Emang bisa dibikin apa aja kain flanel ini?” Kain flanel bisa untuk membuat aneka ragam kreasi kerajinan dan gampang dipadukan dengan bahan lainnya. Banyak teman kita yang malah mengetahui produknya dulu, atau membeli produk kerajinan flanel duluan, lalu baru bertanya “ini dibikin dari kain apa ya?” Tak masalah duluan ayam atau telor, yang penting telornya bisa dibikin apa dulu

3. Dimana Toko Yang Menjual Kain Flanel?
Bagi yang tertarik berkreasi dan mencoba membuat sendiri pasti tambah penasaran. “Dimana sih membeli kain flanel?” Berhubung Indonesia ini luas, saya bantu mencarikan beberapa referensi toko kain flanel di Jakarta, Surabaya dan Bandung. Beda kota, beda toko, beda harga dan terkadang juga sedikit beda jenis kain flanelnya.

4. Berapa Sih Harga Kain Flanel?
Untuk 1 meter kain flanel biasanya berkisar antara 16 ribu ~ 22 ribu rupiah, bahkan ada yang menjual hingga 25 ribu rupiah. Semakin panjang jalur distribusinya maka harga kain flanelnya makin mahal. Misalnya : Harga kain flanel di Jakarta sekitar 16 ribu/meter, berhubung kain flanel di kirim ke Bali maka harganya menjadi 18 ribu/meter padahal kainnya sama persis. Lalu di Bali di distribusikan lagi ke toko kain eceran sehingga harganya pun naik menjadi 20 ribu/meter.

5. Ada Berapa Warna Kain Flanel?
Toko kain flanel yang lengkap biasanya menyediakan sekitar 40-50 warna kain flanel. Woww.. jadi silahkan pilih warna sesuai dengan bentuk dan jenis kreasi yang akan dibuat. Kalau bingung milih warnanya, pakai aja patokan mejikuhibiniu, hitam, putih dan abu.
Alat dan Bahan Kerajinan dari Flanel

6. Alat apa yang diperlukan untuk kerajinan flanel?
Bagi yang gak tahan untuk segera membuat kerajinan flanel, ayo siapkan peralatannya. Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan flanel bisa didapatkan di toko kain, toko benang atau toko alat tulis. Contohnya: Gunting, pensil, penggaris, kertas, karton, cutter, jarum, dll

7. Bahan yang Digunakan untuk Kerajinan Flanel?
Bahanya utamanya sudah pasti kain flanel. Bahan lainnya seperti benang jahit, benang sulam, dakron, manik-manik, mote, payet, dll

8. Bahan Tambahan untuk Membuat Kerajinan Flanel
Selain bahan utama, masih diperlukan bahan tambahan seperti : gantungan kunci flanel, magnet, bando, sandal, kaos, tempelan kacan, tali, bross flanel, dll. Jenis bahan tambahan ini tergantung dari kreasi kerajinan flanel apa yang ingin dibuat.

Alat untuk Membuat Kerajinan Kain Flanel

Sebenarnya peralatan untuk membuat kerajinan flanel sangat sederhana, mudah didapat, dan harganya pun relatif murah. Berikut ini adalah beberapa peralatan yang harus kita persiapkan.
Gunting

Ada beberapa jenis gunting yang digunakan: gunting kertas, gunting kain dan gunting zigzag. Kalau gunting kertas dan gunting kain, sudah tahu kan? Bahkan kalau sudah punya, gak usah beli lagi, biar hemat. Nah, kalau gunting Zigzag bentuknya mirip seperti gunting biasa tapi giginya berbentuk zigzag. Gunting zigzag biasanya digunakan untuk memotong bagian pinggir hiasan kain flanel agar hasilnya bergerigi alias berbentuk zigzag.
  • Kertas ; Anda membutuhkan kertas HVS biasa untuk menggambar atau menjiplak pola. Kertas Karton biasanya berwarna coklat dan tebal digunakan untuk membuat pola. Tips berhemat : Gunakan kertas koran, buku tulis atau majalah bekas untuk membuat pola. Gunakan kertas karton bekas kemasan makanan, kotak susu atau kotak sepatu.
  • Alat Tulis ; Jika anda sudah punya pensil, pulpen dan penggaris, gak usah beli lagi Anda juga membutuhkan pisau cutter untuk memotong pola karton yang tebal.
  • Jarum ; Ada beberapa jenis jarum yang digunakan untuk membuat kerajinan flanel, antara lain beberapa ukuran jarum jahit, jarum sulam dan jarum pentul.
  • Lem ; 2 jenis lem yang sering digunakan adalah lem tembak (glue gun) dan lem bening (UHU). Lem tembak bentuknya seperti pistol dan terhubung dengan listrik. Lem tembak biasanya digunakan pada saat melekatkan kain flanel dengan aksesoris berbahan besi, karet, plastik dan kayu. Dan lem bening UHU digunakan untuk merekatkan kedua bagian sisi flanel.
Alat Tambahan lain untuk Membuat Kerajinan Kain Flanel sebagai pelengkap untuk memudahkan berkreasi selain alat tulis, kertas, gunting, jarum dan lem seperti telah disebutkan di atas, ada beberapa alat lain yang diperlukan sesuai dengan jenis kerajinan yang ingin dibuat. Misalnya sumpit atau tusuk sate yang digunakan untuk mendorong dakron.
Demikian gambaran tentang kerajinan praktik prakarya membuat kreasi dari bahan kain flanel. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Persiapan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel

Sekianlah artikel Persiapan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Persiapan Praktik Kerajinan Bahan Kain Flanel dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2017/01/persiapan-praktik-kerajinan-bahan-kain.html