7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pebisnis Online

7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pebisnis Online - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pebisnis Online , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis , Artikel bisnis online , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pebisnis Online
link : 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pebisnis Online

Baca juga


7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pebisnis Online


Image result for soft selling
Semakin meningkatnya pengguna internet bisa menjadi peluang besar untuk bisnis kita. Dengan meng-online-kan bisnis, maka kita bisa meningkatkan jumlah dari penjualan kita. Namun kita harus menghindari 7 kesalahan pebisnis berikut saat menjalankan bisnis online kita.

1. Kesalahan yang pertama adalah tidak membangun database konsumen.

Ya, sebagai pebisnis online, banyak yang masih belum membangun database konsumen. Padahal, mereka bisa jadi berpotensi jadi pelanggan setia dan sebagian besar bahkan bisa jadi reseller atau agen kita. Makanya, bangun database konsumen yang bukan hanya Nama + No. telp, tapi kontak dan info penting lainnya.

2. Kesalahan yang kedua adalah menyediakan pilihan customer support yang terlalu terbatas atau terlalu banyak.

Ya, maksudnya calon pembeli diharapkan bisa menghubungi kita sebagai penjual dari beberapa pilihan media CS (customer support) seperti telepon & SMS + lainnya. Misalnya WA, Line, BBM, dan Telegram. Tapi jangan juga terlalu banyak seperti menerima via twitter DM, FB inbox, Line dan Line@ atau channel lain yang kita tidak sanggupi untuk kelola / balas. Jadi pilihlah beberapa channel saja yang benar-benar mampu kita optimalkan. Jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak.

3. Kesalahan yang ketiga adalah gagal dalam menentukan channel yang tepat untuk memasarkan bisnisnya.

Maksudnya apa? Jangan sampai kita sudah bisnis online sekian lama masih bingung, harus promosi lewat apa? Apakah facebook? twitter? google+? website? instagram? pinterest? path? youtube? atau hanya via messenger seperti BBM / line / WA? Masing-masing media sosial punya karakter pengguna yang berbeda, maka gunakanlah yang paling sesuai karakternya dengan karakter target market kita.

4. Kesalahan yang keempat adalah terlalu banyak menyetok barang di awal atau tidak punya barangnya sama sekali.

Nah ini menarik. Sebagai pebisnis online, jangan sampai kita tidak sama sekali menyetok barang (ada pengecualian untuk barang tertentu) dan jangan sampai kebanyakan stok sehingga uang "mengendap" jadi stok dan slow moving.
Untuk dropship sekalipun, upayakan untuk memiliki setidaknya satu sample barang. Yang paling penting adalah, kita benar-benar menguasai barang yang dijual sampai detail2 nya dan siap ditanya apa saja mengenai barang/jasa yang kita jual.

5. Kesalahan yang kelima adalah menawarkan diskon yang mudah untuk diprediksi konsumen.

Iya, makanya pakai strategi surprise saja untuk promo atau diskon. Jangan tiap awal bulan ada diskon atau tiap hari Kamis ada diskon manis. hehehe. Boleh saja untuk momen tertentu seperti 17 Agustus ada promo, tapi jangan di bulan berikut ada promo misal di hari pahlawan. Udah ketebak sist, bro. Nanti pembeli nungguin promo doank.

6. Kesalahan yang keenam adalah perang harga dan saling menjatuhkan sehingga harga pasar rusak.

Sekarang dah gak zaman perang harga. Yang ada bersaing supaya mendapat keuntungan yang semaksimal mungkin. Jika Anda masih perang harga dengan toko sebelah yang jual produk sama persis, Anda kalah. Sekarang zamannya perang dengan harga yang makin mahal (makin menguntungkan) tapi pelayanannya makin bagus ke konsumen / pembeli.

7. Gak mau belajar. Iya, bisnis itu bukan sekedar jualan.

Gak mau belajar jualan, gak mau belajar sistem reseller / sistem agen, gak mau belajar media sosial dan internet marketing, gak mau belajar akunting, quality control, belajar rekrut dan bina tim, dsb. Makanya baca banyak buku, ikut kopdar, bayar seminar & ikut workshop. Percaya deh, itu investasi, bukan biaya. Makanya setelah ikutan acara berbayar, praktekkan secara brutal. Jangan semangat pas ditraining, di rumah / toko melempem lagi. Makanya saya buat Komunitas #KelasBISNIS ini, tempat belajar dan berbagi.
Kita pasti ingin punya usaha seperti Chairul Tanjung, Sandiaga Uno, alm. Bob Sadino, ya kan?
Mereka merintis lho dari kecil... sampai bisa meraksasa, banyak pelajaran dan asam garam yang harus dicerna pengusaha. Biaya jadi pengusaha itu besar sekali. Tapi kebahagiaan jika sudah berhasil, luar biasa juga.



Demikianlah Artikel 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pebisnis Online

Sekianlah artikel 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pebisnis Online kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pebisnis Online dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/03/7-kesalahan-yang-harus-dihindari.html