Kiat Sukses Merencanakan Promosi Untuk Bisnis

Kiat Sukses Merencanakan Promosi Untuk Bisnis - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kiat Sukses Merencanakan Promosi Untuk Bisnis , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel marketing , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kiat Sukses Merencanakan Promosi Untuk Bisnis
link : Kiat Sukses Merencanakan Promosi Untuk Bisnis

Baca juga


Kiat Sukses Merencanakan Promosi Untuk Bisnis

Image result for business success quotes
Promosi sangat penting untuk bisnis karena tanpa promosi, penjualan tidak akan maksimal. Untuk memaksimalkan promosi maka ada 6 tahap yang bisa dilakukan UKM dalam melakukan promosi, sebagai berikut :

1. Menentukan Target Market

Tahap pertama ini berkaitan dengan penentuan STP (Segmenting, Targeting dan Positioning). Untuk menghadapi persaingan yang ketat maka kita harus menentukan segmentasi yang lebih personal untuk menghadapi perilaku konsumen yang makin majemuk. Dengan begini target market kita jadi lebih jelas dan budget promosi jadi efektif. Penentuan target market ini akan memudahkan untuk menentukan pemilihan media yang sesuai.



2. Misi Promosi

Menentukan misi dan apa yang ingin dicapai akan membuat promosi menjadi efisien. Beberapa misi promosi seperti meraihawareness, membangun brand, menggali exposure, meningkatkan sales dan customer loyalty.



3. Merencanakan Pesan

Saat ini komunikasi sudah berlangsung secara dua arah sehingga UKM harus bisa meramu pesan yang bisa membangun komunikasi dua arah dengan konsumen. Sebelum membuat message untuk memperkuat promosi, UKM harus memperhatikan siapa audiensnya. Gunakan bahasa yang sesuai dengan target market untuk memperkuat pesan promosi. Buatlah pesan yang mempunyai daya tarik emosional, rasional dan moral.



4. Memilih Media 

Pilihlah channel media yang tepat sesuai dengan target konsumen kita. Media digital memang memperkaya channel promosi tapi jangan menggunakan media digital karena ikut-ikutan saja. Fokuslah pada target market yang dituju, pelajari perilaku mereka, lalu pilihlah media yang sesuai. Ada dua pilihan media yang ada yaitu, media offline dan online. Kedua pilihan tersebut berkaitan dengan target pasar dan dana yang disiapkan.

Media promosi offline seperti iklan, sponsorship, salesperson, salespromo, peliputan media cetak, direct selling, direct marketing dan event promo. Media promosi online seperti iklan menggunakan adwords, website, blog, forum atau situs jual beli dan melalui social media.



5. Menentukan Budget

Untuk menentukan budget jangan menggunakan persentase dari keuntungan yang dijatah untuk budget promosi. Tentukan dulu objek yang ingin dicapai, dengan cara apa kita menggapainya, barulah budget dianggarkan. Pemilihan media akan berpengaruh besar pada penentuan budget promosi.



6. Mengukur efektivitas promosi

Banyak pelaku UKM yang seringkali tidak melakukan pengukuran terhadap strategi promosi yang telah dijalankan. Padahal hal ini penting untuk mengetahui seberapa efektif strategi promosi yang kita lakukan. Pengukuran efektivitas promosi bisa dilakukan dengan cara mengukur impact terhadap penjualan, melakukan riset sederhana tentang brand awareness, atau melakukan pengukuran di media digital jika menggunakan digital marketing (misal google analytics, social media measurement, dll)


Demikianlah Artikel Kiat Sukses Merencanakan Promosi Untuk Bisnis

Sekianlah artikel Kiat Sukses Merencanakan Promosi Untuk Bisnis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kiat Sukses Merencanakan Promosi Untuk Bisnis dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/04/kiat-sukses-merencanakan-promosi-untuk.html