Start Up Digital Success Story

Start Up Digital Success Story - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Start Up Digital Success Story , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis Internet , Artikel Motivasi Bisnis , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Start Up Digital Success Story
link : Start Up Digital Success Story

Baca juga


Start Up Digital Success Story

Kaskus

Image result for kaskus

Berawal dari inisiasi Andrew Darwis, Ronald, dan Budi untuk memenuhi tugas kuliah mereka pada tahun 1998 dengan membuat sebuah forum komunitas bernama Kaskus. Kini, situs tersebut telah memiliki lebih dari 7 juta member dan meraih berbagai penghargaan. Sembilan tahun sejak awal berdirinya, Kaskus mengawali keseriusannya dengan membawa personel dan infrastrukturnya dari Amerika Serikat ke Indonesia. Strategi marketing yang mereka buat yaitu dengan meningkatkan kepercayaan user melalui penutupan akun kontroversial, juga aktif dalam kampanye internet positif. Cara tersebut berbuah hasil dengan peningkatan user hingga 300%.

Pada tahun 2009, Kaskus melakukan ekspansi dengan merekrut tenaga profesional sebanyak 60 orang. Keseriusannya tak sia-sia, berbagai penghargaan pun diraihnya, di antaranya: “The Best Innovation in Marketing” dan “The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. Kaskus pun mendeklarasikan diri menjadi situs lokal No. 1 di Indonesia.

Inovasi pun terus dilakukan oleh Kaskus dengan meluncurkan berbagai fitur, seperti Kaskus Evolution. Dengan fitur tersebut, Kaskus menjadi lebih user friendly, dengan tampilan navigasi yang menarik dan meningkatkan layanannya dalam forum jual-beli serta bekerjasama dengan berbagai perusahaan untuk mengembangkan konten digitalnya. Hingga Mei 2014, Kaskus user telah mencapai angka 7,8 juta members, sebuah pencapaian yang fantastis bagi sebuah forum komunitas lokal di Indonesia.

Kunci sukses: pemilihan strategi marketing yang sesuai dengan bidang usaha serta terus melakukan inovasi sesuai perkembangan zaman.

Fish n Blues

Image result for Fish and Blues PT Samudra Eco Anugerah

Sebagai seorang konsumen, tentunya kita menginginkan bahan baku yang ada dimakanan merupakan produk yang diolah dari sumber dan bahan baku terbaik, diolah dengan mekanisme yang bersih dan tanpa mencemari lingkungan. Fish n Blues mencoba untuk memenuhi harapan konsumen tersebut. Fish n Blues merupakan merek dagang dari PT Samudra Eco Anugerah (SEA) Indonesia yang mendeklarasikan dirinya sebagai perusahaan pertama sebagai suplier dan retailer seafood ramah lingkungan pertama di Indonesia.

PT SEA memulai komitmennya dengan menandatangani ikrar untuk seafood yang bertanggungjawab, pada 9 Juli 2015. Kerjasama dengan LSM binaan dan nelayan yang tergabung dalam Jaring Nusantara dilakukan SEA untuk menegaskan komitmen mereka guna menjaga ekosistem laut dan membantu meningkatkan perekonomian para nelayan. Menurut Dirut SEA, Ranggi Fajar Muharam, konsumen berhak mengetahui asal usul produk yang mereka konsumsi. Ikrar tersebut adalah hal yang positif dan sekaligus memiliki kekuatan positioning perusahaan di tengah kekhawatiran masyarakat mendapatkan sebuah produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan diolah dengan cara yang baik.

Kunci sukses: komitmen dalam menjaga kualitas produk serta menerapkan penyediaan informasi tentang produk yang dijual, sehingga komsumen memiliki trust bahwa produk yang dibeli memiliki kualitas yang baik, mulai dari cara pengolahan yang baik serta sumber produk

Price Area

Image result for price area

Price Area merupakan start up digital pembanding harga yang diluncurkan pada tahun 2010. Hingga kini, Price Area telah menawarkan 15 juta produk dari 860.000 penjual, dengan jumlah website visitor pernah mencapai 12 juta visit. Performa yang baik dan menawarkan sebuah ide yang kreatif, menjadikannya diakusisi oleh Yello Mobile dari Korea Selatan.

Pendiri Price Area adalah Andri Suhaili. Ia mulai merintis bisnis ini dari 9 orang, yang kebanyakan programmer dan developer. Awalnya, Price Area merupakan turunan ide dari bisnis periklinan digital yang disebut CekLagi.com, hingga sang founder sadar bahwa masih terlalu dini untuk menawarkan solusi kepada para penjual offline. Price Area pun tercipta, hingga mengklaim sebagai situs pembanding harga no. 1 di Indonesia. Andri Suhaeli memberikan tips waktu yang tepat bagi start up business untuk menerima penawaran akusisi, yaitu pada saat perusahaah memperoleh traction yang jelas serta pertumbuahan yang berkelanjutan. Kunci sukses: penerapan ide kreatif menjadi dasar utama dalam pengembangan bisnis Price Area

Tiket.com

Image result for tiket.com

Tiket.com merupakan situs booking online yang didirikan pada tahun 2011. Tidak membutuhkan waktu yang lama, pada tahun 2012 dan 2013 pendapatannya meningkat 1.300 persen. Mayoritas jenis pesanan adalah pesanan tiket pesawat, kereta api dan hotel. Beberapa strategi bisnis dan tips yang dapat dipelajari dari tiket.com adalah:

1) menjaga kontrol ketat terhadap arus keuangan dan pengeluaan merupakan aspek yang penting;
2) manajer perusahaan harus dapat memanfaatkan dengan baik investasi awal untuk meningkatkan usaha ke skala yang lebih baik;
3) jangan mencari investasi hanya untuk mendapatkan ketertarikan pasar;
4) manajer perusahaa harus dapat memahami dengan cermat dan strategis kapan dan di mana mereka mendapatkan dan menghabiskan uang.

Hingga kini, tiket.com telah merekrut sebanyak 150 karyawan. Dengan potensi pengembangan bisnis dan konsistensi manajemen yang dimiliki oleh tiket. com, mereka berencana untuk berekspansi ke beberapa kawasan, seperti Cina, Hongkong, Australia, Malaysia, juga dapat mencapai IPO.

Kunci sukses: penerapan strategi bisnis yang tepat dan manajeman keuangan yang yang baik menjadi kunci sukses bisnis.

Gojek

PT Go-Jek Indonesia, penyedia jasa transportasi ojek, berkembang pesat setelah meluncurkan aplikasi di smartphone pada awal 2015. Menurut Nadiem Makarim, pendiri Go-Jek, ia lebih suka menyebut Go-Jek sebagai perusahaan teknologi, bukan perusahaan transportasi. Selain melayani jasa antar barang dan/atau kurir, jasa antar makanan, hingga jasa shopping. Pertumbuhan user gojek berkembang dengan cepat. Sejak awal tahun, sudah ada 650.000 orang mengunduh aplikasi Go-Jek dengan proyeksi pertumbuhan 10.000 orang per tahun. Tidak hanya Jabodetabek, kini Go-Jek melebarkan sayapnya ke Bali, Bandung, dan Surabaya. Tidak hanya retail, Go-Jek juga bekerja sama dengan hampir 100 perusahaan yang menjadi pelanggan korporat. Go-Jek mengajak pengojek yang memiliki motor sebagai mitra. Masyarakat yang ingin menjadi mitra akan dibekali smartphone sebagai penghubung antara pengojek, manajemen Go-Jek, dan konsumen. Dalam sebulan, pendapatan tukang ojek dapat mencapai Rp4 juta hingga Rp6 juta. Dengan sistem bagi hasil, yakni 80% dari total penghasilan ke mitra dan 20% masuk ke manajemen Go-Jek.

Berawal dari kebiasaannya menggunakan ojek untuk pergi ke kantor, ia mendapatkan ide untuk menggabungkan ojek dengan teknologi. Dari hasil obrolan dan pengamatan dengan tukang ojek, Nadiem menemukan bahwa sebagian besar waktu tukang ojek banyak dihabiskan untuk mangkal dan menunggu penumpang. Di tempat mangkal, biasanya bergiliran dan terkadang sepi penumpang. Sementara dari sisi penumpang, keamanan dan kenyaman ojek belum terjamin. Hingga tercetuslah pemesanan Go-Jek melalui ponsel, tanpa harus ke pangkalan. Pengojek yang terdaftar membuatnya sedikit lebih aman dari ojek pangkalan karena jelas dan terdaftar. Saat awal merintis usaha, ia kerap turun ke tempat para tukang ojek mangkal. Di sana banyak dihabiskan waktu dengan mengobrol hingga membelikan mereka kopi dan rokok. Namun begitu, tetap sulit mengajak mereka untuk bergabung. Tapi, usahanya akhirnya terjawab. Kini, sekitar 10.000 pengojek bersedia bergabung dengan Go-Jek.

Inovasi Go-Jek merupakan contoh terjadinya creative destruction pada manajemen ojek pangkalan. Schumpter, sebagai penggagas teori tersebut, menjelaskan keuntungan dari adanya inovasi memang akan menghancurkan manajemen dan dinamika bisnis sebelumnya, namun tingkat keuntungannya melebihi nilai kerugian dibandingkan dengan tidak diperkenalkan sama sekali terhadap inovasi tersebut.

Kunci sukses: kecerdikan melihat peluang dengan melakukan inovasi yang dihubungkan dengan perkembangan teknologi.

BukaLapak.com

Image result for bukalapak

BukaLapak merupakan salah satu marketplace e-commerce terbesar di Indonesia. Kelincahan Achmad Zaky dalam membentuk tim yang solid merupakan faktor yang penting di balik suksesnya bukalapak.com. Di awali dari menjadi finalis Indosat Innovation Wireless Contest pada tahun 2007 dan Indonesia ICT Awards (INAICTA) tahun 2008, ia membuka suitmedia hingga bukalapak.com dikerjakan dengan tim yang sama.

Hingga kini, situs tersebut mencatat nominal Rp500 juta per hari. Fokus pada sebuah proyek yang memiliki ekspektasi tinggi di masa yang akan datang merupakan karakter yang ditanamkan di bukalapak.com. Manajer perusahaan harus dapat menimbang dengan baik dan fokus 100 persen ketika memutuskan untuk terjun mengambil resiko. Ekspansi bisnis terus dilakukan bukalapak.com, seperti bekerjasama dengan BukaDompet serta menarik investor dalam dan luar negeri.

Kunci sukses: selaian kepandaian Achmad Zaki dalam melihat peluang yang ada, networking menjadi salah satu faktor keberhasilan BukaLapak.com.

Berrybenka.com


Kekhawatiran masyarakat akan keamanan dan kemudahan berbelanja online, dijawab oleh Jason Lamuda yang pada tahun 2012 mendirikan sebuah e-commerce berbasis fashion. Usaha yang dirintisnya mempunyai aturan bahwa semua barang yang dirikim kepada konsumen datang dari gudangnya sendiri bukan dari pihak lain. Apabila ada pedagang yang hendak bekerjasama dengan Berrybenka dalam menjual produknya, harus bertatap muka langsung dengan tim Berrybenka, sehingga terdapat mekanisme kesesuaian antara produk dan barang yang ditawarkan kepada konsumen.

Kerjasama tersebut membuahkan hasil, hingga kini ia telah bekerjasama dengan lebih dari seribu pedagang. Strategi bisnis yang bisa dipelajari dari berrybenka yaitu fokusnya pada bidang fashion, sehingga alternatif konsumen lebih banyak dalam memilih. Intensitas kunjungan website berrybenka.com secara fluktuatif berkisar antara satu juta pengunjung per bulan dengan transaksi 1.000-2.000 pengunjung per hari. Tips yang dianjurkan oleh pemilik Berrybenka yaitu mengajak karyawan untuk tidak hanya sekadar melayani saja, namun juga mendalami fashion yang merupakan bidang yang dijalani.

Kunci sukses: pelayan konsumen menjadikan prioritas utama. Sehingga konsumen tumbuh rasa kenyamanan dan kepercayaan pada berrybenka.com.

Biznet

Image result for biznet
Biznet merupakan salah satu start up digital yang bergerak di bidang jasa layanan internet. Berdiri tahun 2000 oleh Adi Kusma dengan bermodal 5 juta dolar AS, ia pun mencoba untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.

Beberapa aspek penting yang dapat kita pelajari dari Biznet, khususnya dalam merintis sebuah usaha adalah: Pertama, proporsi nilai produk harus jelas serta menawarkan harga serta kenyamanan ketika menggunakan produk kita. Kedua, pemilik harus menjadi koki sendiri, artinya perintis start up harus mengetahui dengan detail operasional perusahaan juga industri di bidang yang kita tekuni. Ketiga, menentukan waktu terbaik dalam mengambil berbagai keputusan bisnis.

Menurut Adi, dalam merintis sebuah start up sangat penting mengetahui segala seluk beluk perusahaan dan kompetitior yang ada. Di sinilah kewajiban untuk mengintegrasikan antara uang, otak dan ketekunan. Kini, sekitar 560 gedung telah terhubungan dengan Biznet, jumlah karyawannya pun bertambah, dari hanya 10 orang pada tahun 2000 kini telah mencapai 800 orang.

Kunci sukses: pemahaman yang baik terhadap bisnis yang ditekuni serta penentuan keputusan yang tepat menjadikan keberhasilan Biznet

Nulisbuku.com

Image result for nulisbuku.com
Bagi para start-up entrepreneur wanita, Aulia Halimatussadiyah merupakan figur yang patut dicontoh. Selain telah menghasilkan 28 karya buku, Aulia juga membuat start up di bidang self publishing: nulisbbuku.com. Beberapa tips dari Aulia untuk memulai komitmen dalam merintis start up adalah sebagai berikut:

1) Selalu awali langkah kecil mengenai progres start up dengan setidaknya membeli domainnya sehingga membuat kita tidak menunda untuk action.
2) Sharing dan lakukan diskusi dengan teman-teman terdekat dan uji ide yang kamu buat.
3) Buatlah sistem perusahaan dan partner kerja yang solid, hal tersebut sangat penting untuk membantu kita berinovasi.

Nulisbuku merupakan sebuah platform digital yang diawali dengan basis komunitas penulis dengan secara aktif berkolaborasi di sosial media. Hastag tertentu menentukan buku yang akan dibuat kemudian. Selain itu, ia pun memberikan hadiah sebagai insentif para anggota komunitas untuk berpartisipasi.

Kunci sukses: memanfaatan sosial media dalam melihat kebutuhan pasar yang ada

M-Stars

Era digital menuntut para pelaku bisnis, tidak terkecuali perbankan. Peluang tersebut ditangkap oleh Joseph Edi, perintis M-Stars, sebuah pelopor konten mobile di Indonesia. Berdiri pada tahun 2000, kini perusahaannya telah memiliki 150 karyawan dan membawahi 5 perusahaan cabang (AdStars, VOX, dr.m, PoPs, dan m360). Bank BCA dan BNI pun menjadi klien M-Stars dengan proses meyakinkan yang tidak mudah dan mengalami banyak permasalahan. Ia pun berinovasi dengan meluncurkan VOX, sebuah sistem microbanking untuk pengguna mobile phone, kini penggunanya telah mencapai 2 juta dengan 12.000 mitra penjual. M-Stars memerlukan waktu 17 bulan untuk balik modal.

Keunggulannya adalah jaringan kuat pada industri mobile di Indonesia. Oleh karena itu, M-Stars hadir untuk memberikan jasa konsultasi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. M-Stars merupakan contoh perusahaan start up digital yang tidak banyak melakukan pinjaman dana investor besar dan perbankan, namun mampu bertahan di tengah persaingan start up bermodal besar lainnya.

Kunci sukses: menggabungkan teknologi yang berkembang di masyarakat dengan sebuah inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat









Demikianlah Artikel Start Up Digital Success Story

Sekianlah artikel Start Up Digital Success Story kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Start Up Digital Success Story dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/10/start-up-digital-success-story.html