Mana Lebih Penting: Passion atau Skill?

Mana Lebih Penting: Passion atau Skill? - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mana Lebih Penting: Passion atau Skill? , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis , Artikel marketing , Artikel Motivasi Bisnis , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mana Lebih Penting: Passion atau Skill?
link : Mana Lebih Penting: Passion atau Skill?

Baca juga


Mana Lebih Penting: Passion atau Skill?


PASSION, SKILL, DAN MARKET


Hai, 


Saya ingin membagikan status terbaru dari Kang Dewa Eka Prayoga yang menurut saya cocok banget sebagai pengingat dalam menjalankan bisnis atau pekerjaan kita.


Yuk, disimak...


Dulu Saya adalah orang yang "ngeyel" saat ada tawaran peluang bisnis. Pikirku: 


"Ah, bisnis itu kan bukan passion Saya. Males jalaninnya..." 


Padahal, pas Saya menjalankan bisnis lain saat itu (yang Saya anggap passion), bisnis tersebut beneran hanya sekadar jalan saja. 


Menghasilkan? 

Kagak. Dikit doang. 


Ya cuma passion aja. Hahaha 😅 


*** 


Ada orang yang curhat: 


"Kang, skill Saya fotografi. Jadi Saya rencana mau buka usaha foto aja deh kang. Mau deketin para trainer-trainer dan mendokumentasikan foto-foto mereka..." 


Curhatan tersebut diungkapkan dengan semangat 45. 


Dan pertanyaan Saya seolah mematahkan harapannya: 


"Emang mereka butuh?" 

"Emang mereka mau?" 


Hening sejenak. Bingung jawabnya. 


*** 


Ada sekelompok orang yang pandai dalam berkomunitas. Mereka punya data member yang cukup banyak. Terbentuklah market secara alamiah disana. Tapi tak ada satupun orang yang kepikiran memonetizenya. Kenapa? Gak punya produknya dan gak tahu cara jualannya. Padahal, marketnya jelas ada. 


*** 


3 kasus di atas memang nyata adanya. 

Ada orang-orang di luar sana yang seperti itu. 


Lantas, bagaimana seharusnya? 


Tentu, Anda dapat melihat gambar. 

IDEALNYA uang akan datang dengan mudah dan terus-terusan jika Anda berada dalam irisan: passion, skill, dan market. 


Kalau cuma sekedar passion, entar ego sentris. 


Kalau cuma punya skill, entar bisa dimanfaatkan. 


Kalau cuma punya market, entar mubadzir. 


Maka, milikilah ketiganya. 


*** 


Kemarin sore ba'da halaqoh Saya ngobrol dengan seorang kawan yang berbisnis di bidang arsitek, 3D, dan maket maker. 


Kliennya bertebaran dimana-mana. Maklum, dulunya kerja di Ciputra, pengalamannya seabrek! 


Setelah lama ngobrol, ternyata passion dan skilnya gak cuma disitu, tapi juga desain interior, kontruksi bangunan, dan developer. Wow! 


Beliau curhat, "Kang, nanti kalau digarap semuanya, Saya takut gak fokus..." 


Saya tanya balik, "Tergantung, fokus itu apa?" 


Saya pun menjelaskan: 


"Pengusaha itu fokusnya ke BISNIS, bukan ke PRODUK. Selama passionnya ada, skillnya ada, dan marketnya ada, sediakan aja produk dan jasanya, bangun bisnis disitu. Perihal agar orang gak ngira kita PALUGADA, bangun "rumah" yang berbeda, walaupun timnya sama...." 


Sekian. Semoga nangkap hikmahnya. 



Salam,
Ivan



Demikianlah Artikel Mana Lebih Penting: Passion atau Skill?

Sekianlah artikel Mana Lebih Penting: Passion atau Skill? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mana Lebih Penting: Passion atau Skill? dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2017/03/mana-lebih-penting-passion-atau-skill.html