3 TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN

3 TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel SOP , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN
link : 3 TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN

Baca juga


3 TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN


Tahun 2019 diperidiksi akan menjadi tahun yang penuh tantangan dan kejutan bagi pelaku usaha, Nah untuk mempersiapkan itu Business Owner harus menyiapkan rencana bisnis (Business Plan) yang menjamin bisa memenangkan persaingan di tahun 2019.
Apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat Rencana bisnis (Business Plan).
1. Tentukan BIG GOAL
2. Susun STRATEGIC GOAL
3. Buat ACTION PLAN
Pertama:
BIG GOAL adalah target atau mimpi yaitu hasil yang akan dicapai dalam waktu tertentu, misalnya Big Goal pada tahun 2019 adalah tercapainya FREE CASH Rp. 500 juta per bulan / Net profit 6 milyar dalam tahun 2019.
Kedua:
STRATEGIC GOAL adalah langkah-langkah strategis atau arah tindakan untuk mencapai BIG GOAL. Yang mana output atau hasil capaian (target) dari strategic goal menjadi syarat pencapaian BIG GOAL. Misalnya :
1. Peningkatan penjualan melalui Media Online
2. Peningkatan Kwalitas SDM
3. Peningkatan Kepuasan Pelanggan
Ketiga:
ACTION PLAN adalah rencana aksi yang berisi Objective, Target KPI dan Inisiatif yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Strategic Goal dan Big Goal).
Sebagai contoh: Untuk meningkatkan penjualan melalui Media Online, action plan yang dilakukan yaitu Optimalisasi Website rangking 1 dalam mesin pencarian, dan Optimalisasi Media Sosial 5 kali update per hari.
Untuk meningkatkan Kwalitas SDM, action plan yang dilakukan adalah Melakukan training softskill 3 kali dalam setahun, dan Melakukan training tehnical skill 3 kali dalam setahun.
Dan untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan, action plan yang dilakukan adalah Melakukan survey kepuasan 3 kali setahun, Melakukan Pelatihan Service Excellence, dan melakukan supervisi pelayan customer.
Buatlah Action Plan dalam bentuk tabel yang berisi Objective, Target KPI dan Inisiatif. Dalam workshop SOP diajarkan dengan gamblang dan jelas cara membuat dan mengisi action plan dengan mudah.
Dan penting diketahui, ada hal - hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Action Plan tapi jarang diketahui oleh banyak orang.., jika Anda tahu, Anda akan terkejut....


Demikianlah Artikel 3 TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN

Sekianlah artikel 3 TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2018/12/3-tips-membuat-business-plan.html