5 Komponen Utama dalam Bisnis Wirausaha

5 Komponen Utama dalam Bisnis Wirausaha - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Komponen Utama dalam Bisnis Wirausaha , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Wirausaha , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Komponen Utama dalam Bisnis Wirausaha
link : 5 Komponen Utama dalam Bisnis Wirausaha

Baca juga


5 Komponen Utama dalam Bisnis Wirausaha

Hasil gambar untuk wirausaha

Tips bisnis kali ini akan membahas tentang tips membangun dan mengembangkan usaha. Perusahaan yang maju dan berkembang adalah perusahaan yang selalu memperhatikan komponen bisnis. Banyak usaha yang gulung tikar bukan karena disebabkan modal yang kurang, tetapi manajemen bisnis yang lemah.

Usaha yang dilakukan sendiri tanpa mengontrol bagaimana kelengkapan komponen bisnis, maka perusahaan itu tidak akan berjalan dan terancam bangkrut. Lalu apa saja komponen utama perusahaan itu ?.

Faktor dan komponen yang wajib ada dalam bisnis wirausaha bedasarkan buku "The Advisor Series : Before You Quit Your Job" karya motivator bisnis Robert Kiyosaki, terumuskan minimal 5 komponen utama dalam membangun usaha :

Catatan Arus Kas
Komponen arus kas itu meliputi laporan pemasukan-pengeluaran, laba-rugi, neraca dan sebagainya. Catatan itu harus jelas dan dapat dibaca semua orang, sehingga grafik peningkatan perusahaan dari waktu ke waktu dapat tergambarkan.
Laporan arus kas ini komponen pertama yang harus ada, sebab bila tidak baik dalam pelaporannya maka bisnis itu akan segera hancur.

Komunikasi / Pemasaran 
Perusahaan atau bisnis yang stagnan alias tidak ada perkembangan, bisa jadi karena faktor lemahnya kompunikasi dan pemasaran. Usaha yang akan berkembang itu yang dapat mengolah komunikasi pemasaran, meliputi : segmentasi pasar, targeting, konsumen, pesaing, distribusi, hubungan, periklanan, penetapan harga, industri dan tren pasar, strategi pemasaran, dan sebagainya.

Pengelolaan Sistem
Usaha sendiri yang dilakukan dengan sistem tradisional berdasarkan kebiasaan yang berjalan, maka kontrol itu harus intensif dilakukan oleh si pengusaha itu sendiri. Saat pemiliknya tidak ada, maka sistem itu tidak berjalan, akibatnya pemilik bisnis tidak bisa kemana-mana. 
Di zaman modern seperti sekarang, maka sistem bisa berubah dengan menggunakan komputerisasi. Pemilik perusahaan hanya merumuskan sistem bisnis perusahaan, dan kemudian dalam pelaksanaannya dapat dilakukan oleh karyawan atau siapa saja yang dapat mewakilinya.

Produk / Jasa Yang Dibutuhkan 
Bisnis itu berarti pelayanan terbaik, dalam hal ini produk ataupun jasa terbaik yang diberikan kepada konsumen. Faktor produk, kualitas barang atau jasa menjadi elemen penting dalam perusahaan, karena bila kepuasan konsumen itu diraih maka perusahan akan terus berkembang.
Dalam hal ini seorang pengusaha ataupun pebisnis wajib menghasilkan suatu produk atau jasa yang benar-benar dibutuhkan konsumen, tetapi mempunyai diferensiasi yang kuat.

Legalitas Hukum Perusahaan
Dalam bisnis faktor lagalitas / pengesahan harus ada, sebab bisa saja terjadi perusahaan yang sedang berkembang dicabut perizinan nya karena sebab cacat hukum. Dengan ini pengusaha / wirausahawan harus memperhatikan legalitas hukum perusahaan yang dibangun tersebut.

Kelima komponen utama tadi tidaklah harus seluruhnya dikuasai oleh pebisnis atau wirausahan, paling tidak semunya secara garis besar dapat terfahami. Tetapi satu komponen yang wajib dikuasai dengan baik yaitu penguasaan produk, selebihnya bisa dimandatkan / diwakilkan kepada orang ahli di bidangnya atau menarik partner pekerja yang kompten di bidangnya. 
Membangun perusahaan tanpa menguasai produksi atau jasa maka pelayanan konsumen tidak akan dapat diberikan dengan baik, itu artinya tidak akan dapat memberikan kepuasan kepada publik. 

Demikian faktor penunjang bisnis sukses, dengan ini mari membangun dan mengembangkan perusahaan kita dengan selalu memperhatikan ke 5 komponen tadi, agar usaha berjalan sukses, lancar serta terus maju.
Semoga bermanfat.



Demikianlah Artikel 5 Komponen Utama dalam Bisnis Wirausaha

Sekianlah artikel 5 Komponen Utama dalam Bisnis Wirausaha kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Komponen Utama dalam Bisnis Wirausaha dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2017/01/5-komponen-utama-dalam-bisnis-wirausaha.html