Judul : Persaingan itu Berkah
link : Persaingan itu Berkah
Persaingan itu Berkah
Persaingan itu berkah bagi bisnis kita.. Semakin kuat pesaing kita.. semabkin bagus.. Karena semakin terbentuk pasar yang ada..
Hampir semua perusahaan maupun klien yang saya bantu penjualannya meledak karena adanya persaingan itu sendiri..
Dengan adanya pesaing raksasa.. banyak UKM justru mendapatkan penjualan ratusan juta bahkan milyaran perbulan dengan mudah mengekor di balik gerakan pesaing dan menunggu jatuhnya pesaing karena keteledoran mereka..
Kehadiran pesaing raksasa, memudahkan kita dalam memanfaatkan upaya mereka dalam membangun pasar, dan memanennya atas kecerobohan mereka..
Memang ada contohnya.. ?
Banyak sekali di sekeliling kita..
PT. Pos Indonesia bisa bangkit lagi karena adanya JNE yang menggeliat gara-gara bisnis online dan memanfaatkan persaingan harga yang lebih kompetitif.. dan mulai menurunnya kualitas layanan dari para crew JNE yang sudah mulai overload..
Banyak pebisnis fashion skala kecil tumbuh begitu luar biasanya karena raksasa fashion terseok-seok dengan munculnya socmed dan perkembangan teknology pendukungnya yang memudahkan mereka memposting design-design keren mereka..
Walaupun kapasitas produksinya hanya 5-10 potong sehari.. Tetapi ketika 1000 pengusaha fashion skala kecil memanfaatkan lambannya pemain besar dalam bergerak.. Kehadiran mereka tiba-tiba mengubah wajah peta persaingan itu sendiri..
Dibuku 10 Greatest Advertising Secrets(Coach Laksita Utama Suhud) dikupas.. bagaimana pengusaha burger lokal sangat diuntungkan dengan kehadiran MacDonal dan KFC yang menciptakan pasar dengan burger kelas premium..
Dengan mudah dia memanfaatkan momentum tersebut dan menggarap pasar yang luput dari perhatian dua raksasa tersebut dan memanennya ratusan juta perbulan secara diam-diam dalam waktu singkat..
Begitu juga dengan pedagang kopi yang memanfaatkan keberadaan kopi torabika dan kapal api di pasar kopi premium di retail market, dan menggarap celah yang ditinggalkan oleh kedua brand kopi tersebut dan meraup ratusan juta perbulannya dengan stealth marketing yang dilakukannya.
Begitu juga dengan beragam study-study kasus lainnya di buku itu.. Hampir semua penjualannya neledak justru mengandalkan keberadaan para pesaing besarnya..
Karena semakin besar organisasi bisnis para pesaing kita, sebenarnya mereka sangat rentan di gerilya. Karena memang semakin besar ukuran sebuah organisasi bisnis, maka semakin lamban mereka bergerak. Dan disitulah peluang bagi para UKM dengan organisasi bisnisnya yang belum besar untuk lincah bergerak memanfaatkan ruang yang tidak tergarap oleh para raksasa..
Jadi dimana ada beberapa pemain raksasa bermain di bidang bisnis yang kita masuki.. Maka bisnis kita bisa memanfaatkan pasar yang telah mereka buka dengan biaya mereka..
Demikianlah Artikel Persaingan itu Berkah
Sekianlah artikel
Persaingan itu Berkah
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Persaingan itu Berkah dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/05/persaingan-itu-berkah.html