10 CARA MEMILIH LOKASI USAHA

10 CARA MEMILIH LOKASI USAHA - Hallo sahabat Belajar Bisnis Online , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 CARA MEMILIH LOKASI USAHA , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis , Artikel marketing , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 CARA MEMILIH LOKASI USAHA
link : 10 CARA MEMILIH LOKASI USAHA

Baca juga


10 CARA MEMILIH LOKASI USAHA

Hasil gambar untuk lokasi usaha

Pemilihan lokasi usaha yg strategis menjadi salah satu faktor kunci dlm kesuksesan sebuah usaha dagang. Semakin strategis lokasi usaha yg dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan akhirnya berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah usaha. Simplenya kalo kata mbah saya, kalo mau usaha harus perhatikan 'lokasi', 'lokasi' dan 'lokasi'. Tapi bagaimana penjabarnya? Gimana lokasi yang strategis itu?

Berikut beberapa faktor yg sebaiknya Abang Adik perhatikan dlm memilih sebuah lokasi usaha.
1. Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi
Usahakan memilih lokasi usaha yg memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi. Semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin besar pula potensi pasar sebuah usaha. Anda bisa lihat kepadatan via google map dan datanya di BPS.

 2. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
Besar pendapatan masyarakat yg ada di sekitar lokasi juga mampu mempengaruhi usaha yg akan Anda bangun. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat jg akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen. Hal ini jg berkaitan dg kualitas barang yg dijual.

3. Tingkat keramaian lalu lintas
Perhatikan trafik lalu lalang kendaraan atau pejalan kaki yang lewat, karena hal ini juga mempengaruhi jenis usaha yang cocok di daerah tersebut. Usahakan yg memiliki dua arus dan tanpa pembatas jalan. Kl ada pembatas jalan, perhatikan jarak U turn nya.

4. Banyaknya usaha di sekitar
Semakin banyak dan ramai usaha yang ada di sekitar lokasi, maka konsumen yang datang ke lokasi tersebut juga semakin ramai. Misalnya saja lokasi pasar, atau mall, sekolahan, perkantoran dll.

5. Harga/ Biaya sewa
Biasanya lokasi usaha yang ada di keramaian seperti mall, atau di pinggir jalan yang strategis harga sewa atau harga jualnya lebih mahal dibandingkan lokasi usaha yang kurang strategis. Untuk itu pertimbangkan dana yang Anda miliki, dengan lokasi usaha yang di pilih.

6. Target Konsumen dan Tingkat kompetisi
Petakan lokasi target konsumen kita, kemudian petakan pula kompetitor langsung dan tak langsung anda. Kunjungi dan perhatikan jumlah kunjungan serta faktor SWAT nya. Bila sudah terlalu jenuh, sebaiknya dihindari.  Namun bila anda tetap ingin dan siap bersaing, pastikan anda memiliki inovasi baru dan keunggulan yg dapat membedakan usaha anda.

7. Akses menuju lokasi usaha
Usahakan pilih lokasi yang mudah di akses oleh para konsumen. Jika memungkinkan, pilih lokasi usaha yang dilalui transportasi umum atau tempat pemberhentian angkutan umum/ terminal/ halte dll. Selain konsumen yg menggunakan angkutan umum, pastikan konsumen yg membawa kendaraan juga mudah memarkirkan kendaraannya.

8. Tingkat keamanan
Selain mengurangi resiko pencurian dan pengrusakan, lokasi usaha yang aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Mereka tidak akan ragu meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir. 

9. Legalitas
Pastikan tempat yg anda pilih memiliki ijin yg diperlukan spt  analisa dampak lingkungan (AMDAL), ijin mendirikan bangunan (IMB), ijin gangguan (HO), dll. Bila belum ada, pastikan itu dapat diproses. Jangan sampai usaha kita ditutup atau dihancurkan oleh satpol pp.

10. Kebersihan usaha dan lingkungan
Konsumen tidak akan mengunjungi sebuah toko, warung yg kotor dan kumuh. Perhatikan jg sumber polusi di lokasi sekitar lokasi, misal: bak sampah, bengkel motor (polusi suara dan udara), dll.
Selamat berwirausaha.                       



Demikianlah Artikel 10 CARA MEMILIH LOKASI USAHA

Sekianlah artikel 10 CARA MEMILIH LOKASI USAHA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 10 CARA MEMILIH LOKASI USAHA dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/11/10-cara-memilih-lokasi-usaha.html