Judul : Tehnik Closing
link : Tehnik Closing
Baca juga
Tehnik Closing
Saya yakin semua sudah biasa melakukan hal ini...
bahkan lebih jago dari saya...
Sedikit cerita...
saya mulai teknik closing secara alami ini dari SD...
walaupun pastinya yaa masih cupu lha pada masa itu yaa...
yg intinya... dr SD sampe SMA teknik closing yg saya pelajari itu adalah untuk memikat lawan jenis... hihihi...
waduh... harus banyak2 istighfar nich yaa...
tapi coba deh telaah lagie...plus di inget2 lagie...
klo kita lagi suka sama seseorang lawan jenis... apa sich yg kita lakukan...???
Nah ini yg saya coba akan saya sharing...
hingga... akhirnya saya sadar... beranjak ke kampus... saya mulai menggunakan teknik yg saya gunakan sejak SD sampai SMA itu...
saya lakukan utk berdagang di kampus...
wal hasil... ketika ada sayembara wirausahawan... di kampus... dengan hanya di modali dana 250 rb dan harus terus di putar hingga 1 bulan...
Alhamdulillah saya dan tim menjadi juara dengan omset terbanyak pada saat itu...
Pengalaman gak terlupakan saat itu...
hingga... disetiap acara... pasti saya yg di minta untuk menjadi humas agar banyak orang hadir... hehehe...
ok... sudah lha yaa curhatnya...
sedikit kenalan yaa...
Saya Widy Nugroho... Sejak kuliah sampe sekarang... pekerjaan saya selalu menjadi marketing...
sampe saya resign dr perbankan... dan menjadi wirausahawan... alhamdulillah ilmu ini terus saya bawa...
karena pada dasarnya... kita hidup adalah utk mengclosing...
siapapun yg ada dihadapan kita...
Apakah itu calon pembeli, calon Istri/suami, Bahkan Sang pencipta kita...
wah klo dah bicara Sang Pencipta... saya jadi merinding...
takut salah...
ok bos2 yg ganteng dan cuantik...
ada beberapa proses yaa yg perlu kita ketahui... dari awal hingga akhir tetang teknik closing...
Pertama: Information (Membuat tau)
Lho... lha iya lah... gimana mau closing klo orang gak tau tentang produk kita...
iya toh...
hingga dalam tahap information... apa sich yg harus kita siapkan...???
yang pertama adalah... kita harus jawab pertanyaan ini:
1. Kenapa sich orang lain harus beli produk kita?
2. Kenapa mereka harus percaya kepada anda...?
3. Kenapa mereka harus beli sekarang...?
4. Kenapa mereka tidak beli produk kita...?
5. bagaimana mereka bisa langsung merespon penawaran kita...?
Nah... sudah ketemu belum jawabannya...?
sabar...
coba ambil kertas deh... trus tulis jawabannya...
nanti kita akan tau... apa yg harus kita informasikan... tentang produk kita...
pertanyaan yg pertama... kira2 apa jawabannya...?
hmm...
lebih mudah...?
Lebih Murah...?
Lebih Eklusif...?
Lebih Variatif...?
Lebih Cepat...?
or yg lain... silahkan fikirkan...
lebih mudah...?
Lebih Murah...?
Lebih Eklusif...?
Lebih Variatif...?
Lebih Cepat...?
or yg lain... silahkan fikirkan...
lalu... 2. Kenapa mereka harus percaya kepada anda...?
apakah kita akan bilang...
Sudah terbukti...?
ada testimoni...?
Endorsement...?
bukti...?
tersertifikasi...?
Sudah terbukti...?
ada testimoni...?
Endorsement...?
bukti...?
tersertifikasi...?
or... apa lagi...?
3. Kenapa mereka harus beli sekarang...?
Besok Harga naik...?
Promo hanya berlaku hari ini...?
Stok Terbatas...?
dsb...
Besok Harga naik...?
Promo hanya berlaku hari ini...?
Stok Terbatas...?
dsb...
sudah kita terfikir ini...?
4. Kenapa mereka tidak beli produk kita...?
Sulit di dapat...?
Harganya mahal...?
kualitasnya jelek...?
servicenya buruk...?
Sulit di dapat...?
Harganya mahal...?
kualitasnya jelek...?
servicenya buruk...?
dan yg terakhir...
5. bagaimana mereka bisa langsung merespon penawaran kita...?
Diskon...?
Gratis...?
bonus...?
Hadiah...???
5. bagaimana mereka bisa langsung merespon penawaran kita...?
Diskon...?
Gratis...?
bonus...?
Hadiah...???
Nah coba deh kita fikirkan...
5 pertanyaan itu coba kita harus kumpulkan... aga kita mempunyai informasi penuh tentang produk kita...
hingga... pada tahap selanjutnya... gak akan menjadi sibuk mencari jawaban ketika ada pertanyaan dari calon pembeli...
Oh iya... Insyaa Allah saya akan syaring 4 tahapan proses kita hingga closing yaa...
tadi sudah yg pertama tentang informasi... bagaiman kita membuat orang tahu tentang produk kita... dengan kesiapan dari kita yg mumpuni.. hingga orang benar2 tertarik...
Nah... sampe pada tahap selajutnya... yaitu BENEFIT (Membuat tertarik)
Bagaimana cara kita membuat customer kita tertarik...?
hingga mereka antusias alias kepo dengan produk kita...
Nah... klo td kita sudah bisa jawab pertanyaan di awal... pasti akan mudah juga kita buat strateginya...
yg pertama adalah...
Berikan Semua KEUNGGULAN dari produk kita...
apa yg td sudah kita tuliskan... buat dalam bentuk iklan...
ingat... please... buat iklan yang JUJUR...
sampaikan keunggulan produk kita dengan jujur...
gak perlu hiperbola...
karena... itu akan menjadi boomerang untuk kita...
saat awal... mungkin banyak yg membeli... tapi nanti... ketika sudah mulai banyak testimoni negatif... habis lah kita...
selain Keunggulan apa lagi...??
sampaikan KEUNTUNGAN BUYER...
apa keuntungan yg akan buyer dapat dari produk kita...
Jika jual Cream Pemutih Wajah... berarti orang akan beranggapan produk ini akan membuat kinclong...
nah apa yg harus kita sampaikan ke mereka tentang caranya kinclong ini... hingga produk kita menjadi solusinya...
Banyak informasi yg disampaikan tentang keunggulan produknya...
hingga calon buyer... merasa teredukasi...
Nah masuk lah kita pada tahap yg ke-3
DESIRE (Membuat Ingin)
Bagaimana calon Buyer kita merasa ingin membeli produk kita...
tentunya... diawali dengan penawaran yg Menarik dunk yaa...
Kira2 apa sich penawaran yg menarik untuk mereka...?
misal...
ketika kita sudah mulai menawarkan...
ada kata2 maut yg kita sampaikan... hehehe...
Contoh:
"Kalau ibu pakai produk ini, ibu akan lebih sehat, lebih cantik, dan terlihat 10 tahun lebih muda... Coba saja bu...
"Kalau ibu pakai produk ini, ibu akan lebih sehat, lebih cantik, dan terlihat 10 tahun lebih muda... Coba saja bu...
Namun... ingat sebelum kata2 itu keluar... kita harus bangun kedekatan terlebih dahulu...
jangan membuat calon buyer banyak bertanya kepada kita...
tapi cobalah gali mereka...
tanya sesuatu kepada mereka... tentang kebutuhan mereka...
hingga mereka mengeluarkan kata " YA" minimal hingga 5 kali kata "Ya"
Mengapa...?
karena disinilah letak kita untuk membuat closing...
karena secara alam bawah sadar mereka... ketika kita akan sampai pada pertanyaan terakhir utk kita tawarkan produk kita..., maka... calon buyer akan juga mengatakan YAAA...
Pernah gak kita di tawari orang lain tentang asuransi...?
via telp...?
apa yg akan mereka lakukan...?
pasti mereka kan banyak menanyakan sesuatu lepada kita... hingga kita akan terus mengatakan "YAA"...
hehehe... pada tunjuk tangan yaa...
tenang2... nanti NLP Copywriting akan Bos Nasir ajarkan di Event MBO dan BBC #3
maaf yaa yg BBC #2 blom dapet...
:grin:
akan terus kita update... ilmu utk setiap agenda BBC dan MBO
Oh iya...
lupa saya... tadi sampaikan yaa...
saya juga alumni dari Pelatihan A Practicing NLP Practitioner (International Certified)
Insyaa Allah banyak sekali memang ilmu untuk bagaimana kita mengclosing calon buyer kita dengan modal NLP
wah... lanjut yaa...
selanjutnya... sesudah kita buat penawaran yg menarik...
jangan lupa yaa... Siapkan Testimoni para pelanggan kita...
ingat... selalu minta testimoni pelanggan kita... agar kaya kita akan senjata2 closing...
Testimoni ini adalah senjata paling ampuh lho...
itu slah satu produk saya di tokopedia...
Alhamdulillah tesimoninya bagus2...
jadi senjata deh...
selanjutnya adalah Visuaisasi...
Buatlah penawaran menarik dengan visual...
cek deh iklan2 rokok...
nah itu adalah contoh penawaran menarik dalam bentuk visual...
padahal mereka gak mempromosikan secara langsung...
namun... luar biasa... peminat rokok begitu luar biasa... walaupun sudah disampaikan...
Merokok = MEMBUNUHMU
Merokok = MEMBUNUHMU
itulah Covert Selling...
ini mungkin juga salah satu ilmu yg akan kita bagikan di BBC dan MBO yaa...
Oh iya...
ini saya kasih KUNCINYA yaa... dalam menyampaikan penawaran...
Silahkan Bos2 berikan 3 Keuntungan secara ringkas dalam satu penawaran.
orang biasanya suka dengan produk yang manfaatnya banyak... terlepas apakah produknya barang atau jasa...
Nah sampai kita pada tahap akhir...
yaitu: ACTION (Membuat Beli)
bagaimana kita membuat Call to Action
Misal... NOW or NEVER
buat mereka... emosional...
Beli sekarang dapat Diskon 20% atau tidak sama sekali...
Beli sekarang... dapat Bonus Casing HP senilai 500rb or tidak sama sekali...
dan sebagainya...
Buat mereka harus memutuskan saat itu juga..., kalau tidak maka dia akan MENYESALLLL....
Contoh lagi:
Stok kami untuk barang ini sangat terbatas (Limited Edision) Jika tidak diambil sekarang, anda akan kehabisan
Stok kami untuk barang ini sangat terbatas (Limited Edision) Jika tidak diambil sekarang, anda akan kehabisan
"Sudah ada calon pembeli yang menawarnya, saya khawatir barangnya habis, lebih baik ambil sekarang"
Lalu ingat yang terakhir... dan ini menentukan lho...
Buatlah Kemudahan dalam Pembayaran
Jangan sampai... gara2 kita gak punya rekening yg sama dengan calon buyer... akhirnya... gak jadi beli...
cuma gara2 6500 ongkos transfer malah gak jadi beli...
hehehe...
Sakitnya tuh disini...
dan lain sebagainya...
Nah mungkin ini sedikit yg saya sharing untuk malam ini...
semoga bermanfaat...
pastinya saya banyak salah... dan tidak sempurna...
mohon dimaafkan atas segala kekhilafan yaa...
Silahkan di lanjut sesi tanya jawab 30 menit kedepan yaa
Demikianlah Artikel Tehnik Closing
Sekianlah artikel
Tehnik Closing
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Tehnik Closing dengan alamat link https://waktunyaberbisnisonline.blogspot.com/2016/05/tehnik-closing.html
Related Posts :
Kita, Manusia "Penjual" TuhanKotori LoveLive (Sunrise)Mendekati Pilgub Jakarta, dinding sosmed Anda jelas makin dipenuhi berita-b… Read More...
Desaturasi Strategi Bersaing, Analogi Sederhana Ketika Pro Wrestling Sudah Tidak "Sekeren" Street FightersTekken ImageDi tahun 86an, Anda ingat Nintendo memanjakan fans-nya dengan game fighting berjudul Pro… Read More...
WTF Song PPAP Goes Viral!!!!!! Koq bisa?Penampakan asli DJ Piko TaroSekitar sebulan dirilisnya via Youtube, video musik PPAP (Pen Pinap… Read More...
Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini!pic: 4harmonyBeberapa bulan lalu, saya berbincang dengan salah seorang klien, owner usaha manufaktur… Read More...
Intimacy Manifesto: 5 Kunci Utama Pembangun Hubungan BisnisDalam sebuah wawancara bisnis, Christian Louboutin, pemilik merek sepatu wanita bergengsi mendapat p… Read More...